11 Momen Unik Hanya di Bulan Ramadhan

Catatan Ikrom June 07, 2016
Bulan Puasa Ramadhan hanya datang sekali dalam setahun. Bulan ini sangat dinanti-nanti oleh Umat Islam. Banyak keutamaan dan beragam ibadah di Bulan Ramadhan yang tak ada di bulan lain. Bahkan kebiasaan sehari-hari masyarakatpun juga berbeda dari biasanya.

Catatan Ikrom 11 Momen Unik Hanya di Bulan Ramadhan

Berikut ini 11 momen unik yang hanya ada di bulan Ramadhan, diantaranya:

1. Sahur

Di bulan ramadhan yang paling khas adalah makan sahur. Makan sahur sebelum imsyak subuh di bulan ramadhan, berbeda rasanya dibanding hari-hari biasa ketika akan berpuasa. Selain disunahkan, makan sahur di bulan Ramadhan akan berlangsung selama sebulan penuh. Bahkan waktu sahur dan imsyak pun sudah disiapkan ketika memasuki bulan ramadhan. Enaknya, di bulan Ramadhan ini kita akan senantiasa dibangunkan oleh suara speaker masjid. "Sahur, sahur, sahur" kemudian "imsyak, imsyak". Sebelum makan sahur alangkah indahnya bila kita juga menegakkan sholat sunnah tahajud.

2. Buka Puasa Bersama

Ada sahur, ada puasa wajib ramadhan, ada juga buka puasa ramadhan. Di hari-hari biasa pun juga ada buka puasa. Namun di bulan ramadhan ini, buka puasa menjadi momen yang pas untuk silaturahmi, reuni, maupun rekreasi. Bahkan telah menjadi agenda utama masjid-masjid untuk menggelar buka puasa bersama dengan membagikan takjil dan menu buka puasa gratis. Momen indah berbagi kebaikan dengan buka puasa bersama gratis dilanjut dengan sholat maghrib berjamaah.

3. Ngabuburit

Entah bagaimana awal mulanya muncul istilah ngabuburit. Ngabuburit sendiri identik dengan mengisi waktu menjelang berbuka puasa dengan beragam aktivitas. Ya, mengisi waktu menanti waktu berbuka puasa begitu istilah mudahnya. Ada yang mencari kebutuhan buka puasa, dengan mengunjungi bazar/pasar ramadhan. Ada yang jalan-jalan sore kemudian berakhir buka puasa bersama di sebuah rumah makan.

Bagus lagi, ada yang memanfaatkan ngabuburit dengan beragam kegiatan islami seperti pengajian umum menjelang berbuka puasa. Ngabuburit dengan mengikuti kajian jelang buka puasa terasa lebih lengkap karena berlanjut dengan buka puasa bersama, sholat maghrib berjamaah, serta silaturahmi. Biasanya dalam ngabuburit mengikuti kajian jelang maghrib juga diselingi kegiatan santunan anak yatim piatu.

4. Tarawih

Nah inilah ibadah yang tidak ada di bulan lainnya. Sholat tarawih hanya ada di bulan ramadhan dan dimulai pada malam tepat sebelum esok puasa ramadhan. Shalat tarawih ini disambut antusias umat Muslim di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Ramainya pun tak kalah dengan sholat ied.

Anak-anak kecil pun turut memakmurkan masjid dengan sholat tarawih dilanjut tadarus Al-Qur'an. Ya, ini merupakan pendidikan Islam sejak dini terhadap generasi umat Islam yang diajarkan kepada anak-anak. Suasana malam nan begitu indah di bulan ramadhan dengan sholat tarawih ini tak akan Anda dapatkan di hari-hari biasa.

5. Serba Islami

Di bulan ramadhan semua hal akan berbau Islami. Termasuk siaran TV dan promo belanja. Maka jangan heran ketika mendekati bulan ramadhan dan selama bulan raamdhan, pusat perbelanjaan, dan acara televisi mendadak islami. Inilah salah satu keberkahan bulan ramadhan, semua orang memanfaatkan kemeriahannya. Bahkan kegiatan aktivitas sehari-hari pun dianjurkan menggunakan busana Islam. Sangat baik tentunya sebagai momen peningkatkan keimanan dan ketaqwaan pribadi. Maka dengan suasana yang serba Islami ini, hendaklah kita manfaatkan momen ini untuk memperbaiki diri dan memperbanyak ibadah, tak hanya memanfaatkannya untuk momen bisnis semata.

6. Patrol

Kita pasti pernah kecil. Di bulan ramadhan tentu kita dulu pernah ikut grup patrol. Ya, grup patrol yang muncul dini hari pada jam-jam makan sahur. Dengan kreativitas musikalitas patrol iringan benda seadanya menjadi alat musik, patrol hadir membangunkan warga untuk makan sahur. Dengan panci, botol galon, kentongan bambu, membuat ketukan-ketukan musik diiringi kalimat mengajak bangun makan sahur. Ya, kalau di hari-hari lain pasti patrol akan mengganggu kenyamanan warga, tapi tidak di malam-malam bulan ramadhan.

7. Pondok Ramadhan

Bagi para pelajar maupun penuntut ilmu pada umumnya, momen ramadhan adalah momen yang tepat untuk meningkatkan keilmuan keagamaan, terutama umat Islam. Dengan beragam kemuliaan dan keutamaan bulan raamdhan ini, banyak yang memanfaatkannya dengan mengadakan dan mengikuti kegiatan pondok ramadhan. Sistem pembelajaran pengenalan dan peningkatan keilmuan Islam dengan intensif, menginap/boarding tentunya. Beragam kegiatan keislaman, pendidikan digelar termasuk ibadah sholat tarawih, tadarus Al-Qur'an, mengaji dan hafalan, mengaji kitab fiqih, buka puasa bersama, makan sahur, dll. Momen yang tepat untuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan yang rutin diselenggarakan setiap bulan ramadhan.

8. Zakat Fitrah

Ramadhan, bulan dimana di dalamnya dilipatgandakan pahala kebaikan. Bahkan diwajibkan bagi umat Islam untuk mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadhan. Seorang muslim diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah terlebih di malam hari raya Idul Fitri. Kita akan dilatih untuk peduli terhadap saudara kita, berbagi kebaikan, dan wujud ketaqwaan menjalankan syariat Islam. Di penghujung ramadhan, maka akan banyak masjid yang menyalurkan zakat fitrah Anda, jadi jangan lupa dan jangan lewatkan untuk mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadhan ini.

9. THR

Ini yang dinanti-nanti ketika akhir bulan ramadhan sebelum hari raya, THR. THR atau tunjungan hari raya, singkatnya adalah pendapatan non-upah yang diberikan kepada karyawan. THR ini akan diberikan kepada karyawan menjelang akhir ramadhan atau sebelum libur hari rayu Idul Fitri. Jika telah mendapat THR, jangan lupa untuk berbagi kepada yang membutuhkan dan keluarkan untuk shodaqoh, infaq, zakat fitrah.

10. Mudik Lebaran

Penghujung ramadhan adalah hari-hari yang begitu ramai oleh sorotan publik. Bagaimana tidak, di penghujung ramadhan orang ramai-ramai mudik ke kampung halaman untuk lebaran/hari raya. Bahkan siaran televisi akan menyorot aktivitas arus mudik. Merupakan tradisi yang hanya ada di bulan ramadhan, mudik lebaran ini terjadi. Meskipun demikian jangan sampai kita terlena, hari-hari terakhir ramadhan inilah yang sangat penting. Di dalam 10 malam ganjil terakhir di bulan ramadhan tersembunyi lailatul qadr. Siapa yang beribadah di malam tersebut, ia bagaikan beribadah 1000 bulan. Bayangkan, umur kita di dunia dibandingkan 1000 bulan. Maka meskipun bersiap mudik lebaran, jangan sampai kita melewatkan ibadah di penguhujung ramadhan.

11. Takbiran

Gema takbir di malam hari raya idul fitri menandai telah berakhir dan akan berlalunya bulan ramadhan. Setiap muslim baik di masjid, musholla, maupun di rumah, ramai dan syahdu menggemakan takbir. Aktivitas penyaluran zakat fitrah pun sangat sibuk. Bertepatan dengan malam takbir hari raya, semakin memuncaknya arus mudik lebaran.

Di satu sisi ada kebahagiaan terpancar akan tercapainya kemenangan idul fitri, di sisi lain ada kesedihan berpisah dengan bulan ramadhan. Telah berakhir waktu untuk meningkatkan dan melipatgandakan amal kebaikan yang hanya ada di bulan ramadhan. Berarti kita harus menanti lebih lama lagi agar berjumpa kembali dengan bulan ramadhan.

Berkaca dari ramadhan tahun lalu, apakah kita akan begitu saja melewatkan momen penting untuk beribadah di bulan ramadhan kali ini? Apakah ada jaminan kita dapat berjumpa bulan ramadhan tahun depan? Wallohu a'lam. Semoga bermanfaat

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »