AIMP, Alternatif Terbaru Software Pemutar Lagu

Catatan Ikrom September 19, 2016
CatatanIkrom.blogspot.com - Setelah matinya Winamp akibat penutupan oleh perusahaan AOL, muncullah software AIMP audio player. Ya, AIMP ini adalah software pemutar audio/lagu yang serupa dengan Winamp.

Mungkin AIMP telah ada sejak lama. Namun kepopulerannya melejit pasca matinya software Winamp pada 2013 lalu. Saya sendiri telah menggunakannya sejak tahun 2012. AIMP versi 2 kala itu.

Catatan Ikrom AIMP Alternatif Terbaru Software Pemutar Lagu

AIMP ini merupakan software pemutar lagu yang bisa Anda dapatkan gratis dari www.aimp.ru. Anda bisa amati dari domain situs resminya bahwa ini merupakan produk Rusia. Beragam fitur yang serupa dengan Winamp bisa Anda dapatkan pada AIMP. Hanya saja AIMP belum mendukung plugin untuk radio streaming sebagaimana Winamp.

Software pemutar lagu AIMP ini bisa Anda unduh di sini atau di sini.

Kelebihan AIMP dibandingkan Winamp yang sangat menonjol adalah waktu load software yang sangat cepat dan singkat ketika Anda memutar lagu. Ya, ketika Anda klik/memainkan sebuah lagu atau playlist, dengan cepat AIMP membuka dan memutarnya seperti kedipan mata. Tak seperti ketika Anda memainkan lagu dengan Winamp. Sangat tampak sekali perbedaan kecepatan load/start up software. Dengan demikian Anda bisa mendengarkan beragam lagu tanpa delay, bahkan jika Anda memilih-milih lagu untuk diputar. Karena alasan ini pula, saya lebih memilih menggunakan AIMP untuk memutar lagu/audio.

Sebenarnya banyak alternatif software pemutar lagu/audio selain Winamp atau AIMP. Ada Jet Audio, Media Monkey, Quick Time, Real Media dan lain-lain. Tapi faktor kecepatan akses lah yang jadi penentu.

Selain itu, adanya grafik amplitudo/volume suara pada saat memutar audio dengan AIMP bisa lebih memudahkan kita untuk mengetahui tinggi rendah suara. Fitur ini pula yang membantu memudahkan saya untuk melihat preview file lagu/audio sebelum melakukan editing. Terlepas dari itu, semua kembali kepada kenyamanan masing-masing pengguna. Selamat mencoba dan beralih menggunakan AIMP audio player.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »