Mengenal Radio Streaming Auto DJ dan Cara Kerjanya

Catatan Ikrom September 15, 2016
Setelah sekian lama tak membahas tentang streaming, Catatan Ikrom kembali hadirkan artikel khusus tentang radio streaming. Ya, mengenal radio streaming auto dj dan cara kerjanya. Mungkin radio streaming auto dj ini tak asing bagi orang yang telah lama bergelut dengan radio streaming, namun tidak sebaliknya.

Pertama kita akan belajar mengenal apa itu radio streaming auto dj. Dari namanya saja sudah jelas bahwa ini merupakan jenis audio streaming yaitu radio streaming. Bedanya ada pada sistem auto dj.

Sekilas Radio Streaming Auto DJ

Catatan Ikrom Mengenal Radio Streaming Auto DJ dan Cara Kerjanya

Radio Streaming Auto DJ (Auto Disc Jockey) merupakan jenis radio streaming yang bisa beroperasi secara otomatis tanpa harus kita operatori atau kita kendalikan setiap saat. Selain berjalan otomatis, radio streaming auto dj juga dapat dijalankan secara manual dengan menonaktifkan sistem auto dj terlebih dahulu. Nah dengan demikian, radio streaming autodj memiliki 2 keunggulan sekaligus, yakni berjalan secara otomatis juga secara manual.

Fitur Radio Streaming Auto DJ

Radio streaming autodj seperti halnya radio streaming biasa, sama-sama dibekali akun radio streaming baik itu shoutcast maupun icecast. Akun radio streaming itu berupa IP Address, Port, dan Mountpoint (jika icecast).

Pada radio streaming auto dj, ada perbedaan yang mencolok. Yakni, disediakannya ruang data penyimpanan file audio alias disk space auto dj. Besarnya disk space auto dj ini beragam. Tergantung paket radio streaming auto dj yang disediakan oleh penyedia jasa. Fungsi disk space untuk menyimpan bermacam-macam file audio (MP3, WAV, atau sejenisnya). Nah, file audio mp3 yang disimpan dalam disk space inilah yang nantinya akan diputar berdasarkan daftar putar (playlist) dalam radio streaming auto dj otomatis.

Radio streaming auto dj juga dibekali halaman administrator yang berisi pengaturan dan menu untuk mengelola server radio streaming auto dj. Ada whm sonic maupun centova cast. Di halaman admin ini ada juga bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan server radio streaming, dan mengubah pengaturan radio streaming auto dj otomatis dan manual.

Cara Kerja Radio Streaming Auto DJ

Seperti yang telah saya tulis di awal artikel ini, radio streaming auto dj bisa berfungsi ganda. Menjadi Radio Streaming Auto DJ otomatis ataupun menjadi Radio Streaming Manual biasa.

Anda dapat menjalankan radio streaming auto dj otomatis dengan lebih dahulu mengaktifkan fitur auto dj di halaman admin. Selain itu upload terlebih dahulu file audio ke disk server (disk space) auto dj, karena file audio inilah yang nantinya diputar dalam radio streaming auto dj. Karena radio streaming auto dj bekerja dengan cara memutar file audio dalam playlist auto dj yang telah diupload. Jadi Anda tidak perlu mengendalikan radio streaming auto dj setiap saat sebagaimana radio streaming manual. Hanya saja, perhatikan dan ingat bahwa radio streaming auto dj otomatis ini sifatnya hanya memutar playlist, tidak menayangkan aktivitas live.

Lantas bagaimana cara menayangkan aktivitas secara live dalam radio streaming autodj? Jawabannya, yaitu dengan menonaktifkan fitur autodj otomatis. Sehingga radio streaming kini beralih menjadi radio streaming manual biasa. Dengan demikian barulah Anda dapat menjalankan radio streaming untuk menayangkan aktivitas live.

(Baca juga:


Setelah selesai menayangkan live radio streaming maka jangan lupa untuk mengaktifkan kembali fitur autodj radio streaming. Maka radio streaming Anda akan aktif menyala 24 jam nonstop setiap hari tanpa berhenti dan tanpa Anda kendalikan terus menerus.

Cara Audiens Mendengarkan

Sama dengan radio streaming manual biasa, pendengar radio streaming auto dj dapat mendengarkan siaran radio streaming auto dj secara online. Ya, namanya saja streaming. Bedanya, audiens radio streaming dapat mendengarkan radio streaming auto dj selama 24 jam nonstop tanpa henti.

Tak ada beda dari sisi audiens. Radio streaming auto dj hanya menonjol dari sisi penayang (broadcaster). Karena si penayang (broadcaster) tidak standby dalam menayangkan radio streaming, melainkan sistem otomatis autodj lah yang menjalankan. Itulah fokusnya. Jadi audiens akan lebih dimanjakan dalam mendengarkan siaran radio streaming Anda karena bisa diakses setiap saat.

Berbeda dengan radio streaming manual yang hanya tayang pada jam-jam tertentu sesuai event yang ditayangkan. Kecuali, radio streaming manual menayangkan siaran event 24 nonstop setiap harinya seperti siaran stasiun radio FM/AM yang mengudara 24 jam nonstop setiap hari.

Hal Lain Terkait Radio Streaming Auto DJ

Membahas secara lengkap tentang radio streaming auto dj tidak cukup hanya dalam satu artikel. Catatan Ikrom akan hadirkan artikel-artikel berikutnya untuk membahas radio streaming auto dj lebih lanjut. Hal-hal yang dibutuhkan dalam membuat radio streaming auto dj atau persiapan membuat radio streaming auto dj akan hadir berikutnya. Cara mendapatkan akun radio streaming auto dj secara gratis maupun berbayar beserta kekurangan dan kelebihannya, hingga panduan membuat radio streaming auto dj hingga tuntas akan kami sajikan. Simak juga contoh hasil radio streaming auto dj yang kami miliki di halaman radio online.

Cara membuat radio streaming sederhana telah kami tuangkan dalam beberapa artikel kami berlabel streaming. Silahkan baca artikel kami tentang radio streaming tersebut untuk menambah khazanah pengetahuan maupun literasi pustaka Anda. Demikian artikel Catatan Ikrom tentang mengenal radio streaming auto dj dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »