Winamp, Audio Player yang Legendaris

Catatan Ikrom September 19, 2016
CatatanIkrom.blogspot.com - Siapa yang tak mengenal software Winamp. Software pemutar audio (audio player) yang legendaris. Bagaimana tidak, software Winamp telah banyak digunakan banyak orang sejak tahun 1996.

Meskipun setiap komputer dengan sistem operasi Windows telah membekali software pemutar audio Windows Media Player, namun tetap saja pengguna lebih memilih menggunakan Winamp sebagai pemutar audio/lagu.

Saya masih ingat, kala itu sekitar tahun 2000-an ketika masih duduk bangku SMP, saya sering menggunakan Winamp untuk memutar lagu melalui PC. Saya tak ingat pasti versi Winamp kala itu. Yang jelas, tampilan skin Winamp saat itu masih dominan dengar warna hitam, hijau, dan kuning. Ya, Winamp Old Skin.

Catatan Ikrom Winamp Audio Player yang Legendaris

Winamp sangat digemari oleh pengguna PC kala itu. Terbukti Winamp sempat menduduki peringkat atas paling banyak diunduh berdasarkan peringkat situs download.com era 2000-an. Terlebih Winamp dibekali fitur equalizer, playlist, bahkan custom skin yang membuatnya sangat populer.

Seiring berkembangnya versi, Winamp pun sudah mendukung plugin tambahan yang membuatnya semakin powerfull. Ada plugin DFX, song's lyrics, juga termasuk Shoutcast DSP plugin untuk menayangkan radio streaming.

Dukungan penuh Winamp terhadap plugin-plugin pihak ketiga, semakin membuat Winamp banyak didownload dan diinstall. Custom skin juga semakin menambah variasi tema tampilan software Winamp. Winamp sendiri telah dibekali skin beragam mulai old skin, modern skin, hingga terbaru bento skin.

Yang paling familiar dan melekat pada software Winamp dibanding software audio player lainnya adalah kompatibel dengan plugin DSP streaming. Ya, dengan plugin shoutcast dsp yang digunakan bersama Winamp, Anda dapat menayangkan live radio streaming. Inilah yang tidak dimiliki software audio lain. Anda akan banyak dapati hampir semua tutorial dasar cara membuat dan menayangkan radio streaming selalu mencontohkan dengan software Winamp.

Meskipun demikian populer dan sangat diminati pengguna di seluruh penjuru dunia, kini Winamp tak lagi menghadirkan versi terbarunya. Pada tahun 2013 perusahaan yang membuat Winamp (AOL Nullsoft) menyatakan Winamp ditutup alias tidak beroperasi. Hasilnya, software Winamp terbaru hanya berhenti pada versi 5.666. Tak ada pembaruan, dukungan, update, dll. Semua telah terhenti. Namun demikian, Anda masih bisa mendownload Winamp di link ini atau link ini.

Informasi lainnya terkait Winamp bisa Anda klik www.winamp.com. Masih ada beberapa info terkait Winamp di sana. Termasuk jika Anda ingin mendownload plugin Winamp. Saya sendiri berhasil mendapatkan plugin shoutcast DSP untuk radio streaming/radio online berdasarkan info di situs tersebut. Terbaru, yelah disampaikan melalui situs tersebut agar kita bersiap dan menanti lahirnya kembali software legendaris Winamp. Entah kapan waktunya, yang jelas Winamp telah membuktikan bahwa dirinya telah benar-benar menjadi legenda dalam perkembangan software pemutar lagu.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »