Cara Menggabungkan Beberapa File PDF (Merge PDF)

Catatan Ikrom May 13, 2017
Cara Mudah Menggabungkan Beberapa File PDF (Merge PDF). Alhamdulillah setelah beberapa waktu jarang aktif menulis artikel, kini Catatan Ikrom akan berbagi sedikit tips seputar file PDF. Sebelumnya telah saya hadirkan tulisan tentang cara mudah membuat file PDF. Nah kali ini akan saya bahas cara menggabungkan beberapa file PDF.

Catatan Ikrom Cara Menggabungkan Beberapa File PDF (Merge PDF)

Untuk beberapa keperluan dan kebutuhan, kita harus atau butuh menggabungkan satu atau dua bahkan lebih beberapa file PDF. Contohnya bagi pelajar atau mahasiswa yang membuat laporan atau skripsi. Tentu akan kesulitan membuat halaman cover, abstraksi, kata pengantar, persembahan, daftar isi, kemudian isi dari bab per bab bahasan hingga daftar pustaka. Kesulitannya terletak pada penomoran halaman sehingga beberapa konten harus dibuat pada file dokumen yang berbeda untuk memudahkan penomoran halaman. Nah, setelah dijadikan file PDF, mau tidak mau kita harus menggabungkan beberapa file PDF tersebut, karena umumnya file laporan atau skripsi diserahkan dalam satu file data saja untuk softcopynya.

Langsung saja berikut cara mudah menggabungkan beberapa file PDF. Sebelumnya kita harus memiliki beberapa file PDF yang akan kita gabungkan. Yang terpenting adalah kita harus memiliki dan menginstall software Icecream PDF Split and Merge. Kita akan gunakan software Icecream PDF Split and Merge ini untuk menggabungkan beberapa file PDF tersebut.

1. Download dan install software Icecream PDF Split and Merge di link ini (Gratis).
2. Buka aplikasi tersebut kemudian pilih Merge.
Catatan Ikrom Cara Menggabungkan Beberapa File PDF (Merge PDF) tahap 1

3. Pilih file PDF yang akan digabungkan menjadi satu file PDF (Add File or Drag & Drop).
Catatan Ikrom Cara Menggabungkan Beberapa File PDF (Merge PDF) tahap 2

4. Atur posisi urutan file PDF yang ingin Anda gabungkan sesuai urutan yang Anda inginkan dengan menggunakan tombol panah atas atau bawah di samping sisi aplikasi.
Catatan Ikrom Cara Menggabungkan Beberapa File PDF (Merge PDF) tahap 3

5. Klik tombol Merge.
6. Lihat hasil PDF hasil penggabungan/Merge pada folder hasil output (Save to folder).

Software Icecream PDF Split and Merge ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Kelebihan software ini dibanding software lainnya yakni benar-benar gratis tanpa disisipi iklan atau stempel watermark pada file PDF hasil proses merge maupun split. Meski gratis, ada juga versi berbayarnya. Ukuran file installernya pun bisa dibilang lumayan, 19 Mb.

Kekurangannya adalah jumlah maksimal file PDF dalam sekali proses penggabungan (merge) dibatasi hanya 3 file. Jadi bagi Anda yang memiliki lebih dari 3 file, maka bisa melakukan beberapa kali proses penggabungan. Namanya saja versi gratis, tentu ada batasan fasilitas yang diberikan dibandingkan versi berbayar (lihat perbandingan versi gratis dan berbayar di sini). Namun rasanya, software Icecream PDF Split and Merge versi gratis ini sudah mencukupi untuk mengerjakan tugas maupun kebutuhan Anda.

Catatan Ikrom Icecream PDF Split and Merge Icecream Apps

Software Icecream PDF Split and Merge ini bisa memudahkan Anda dalam mengelola file PDF, baik itu tugas sekolah, kuliah, maupun pekerjaan. Software Icecream PDF Split and Merge ini sesuai namanya tak hanya untuk menggabungkan file PDF. Namun juga memecah atau membagi satu file PDF menjadi beberapa bagian atau mengambil halaman tertentu saja dari file PDF. Saya sangat merekomendasikan software ini untuk Anda dapatkan.

Demikian tutorial tips Catatan Ikrom kali ini. Silahkan share artikel ini untuk berbagi, serta jangan lupa cantumkan link sumbernya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »