Belajar Mengenal Streaming

Catatan Ikrom April 11, 2016
Catatan Ikrom Belajar Mengenal Streaming

Belajar Mengenal Streaming

Assalamu'alaikum wr. wb. Alhamdulillah setelah sekian lama ingin menghadirkan catatan seputar streaming akhirnya terwujudlah sekarang. Kali ini saya akan memberikan sedikit pengantar seputar mengenal apa itu streaming. Dan beberapa artikel berikutnya akan saya hadirkan untuk memenuhi wawasan kita semua seputar seluk-beluk streaming.

Streaming (Stream + ing)

Streaming merupakan istilah familiar dalam dunia multimedia. Kata streaming berasal dari bahasa Inggris. Dilihat dari susunan katanya, streaming (streaming + ing) menunjukkan suatu proses/aktivitas yang sedang berlangsung (bentuk continuous tense). Stream sendiri bermakna aliran, sehingga secara harfiah, streaming bermakna proses mengalirkan.

Streaming Media

Streaming lebih khusus dikenal dalam dunia multimedia. Istilah streaming yang dimaksud lebih ditujukan kepada streaming media. Karena proses ini berkaitan dengan media/multimedia. Maka streaming menekankan makna lebih cenderung kepada proses penyampaian informasi media.

Media yang dimaksud dan berkaitan dengan proses streaming antara lain adalah video (gambar bergerak beserta suara/audio) dan audio (hanya suara saja). Proses streaming media dapat diartikan mengalirkan konten media dari penyedia/penayang kepada penerima/pengguna.

Internet

Jika streaming media dapat diartikan sebuah proses mengalirkan konten media dari penyedia/penayang kepada penerima/pengguna, maka yang menjadi pertanyaan utamanya adalah melalui apa (perantara) proses streaming atau mengalirkan media tersebut? Jawaban inilah yang menjadi ciri khas streaming yang membedakannya dengan broadcast/siara media konvensional lainnya.

Streaming menggunakan perantara jaringan/koneksi internet untuk mengalirkan konten medianya. Berbeda dengan TV ataupun radio yang menggunakan frekuensi/gelombang udara FM, AM, UHF, VHF, dan penggunaan Satelit. Maka proses streaming ini sangatlah bergantung pada koneksi internet.

Menayangkan streaming maupun menikmati hasil streaming/tayangan streaming membutuhkan internet. Tanpa internet maka pengguna maupun penayang tidak dapat menikmati dan menayangkan streaming. Tanpa internet, tidak ada istilah atau arti kata streaming, karena streaming sangatlah identic dengan penggunaan internet.

Arti Streaming

Dilihat dari cara kerjanya, maka kita dapat menemukan makna streaming yang lebih menjelaskan secara tepat berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Arti Streaming dari segi proses kerjanya berarti proses penyampaian informasi dan mengalirkan konten media (video ataupun audio) dari penyedia kepada pengguna melalui jaringan/saluran internet.

Streaming dari Sisi Penguna

Apakah dengan internet saja, tentu tidak, sebab internet hanya perantara. Dibutuhkan media/alat lain agar hasil streaming dapat dinikmati pengguna, diantaranya HP, laptop, PC, TV yang tentu saja menggunakan alias terhubung dengan internet. Selain itu diperlukan piranti lunak lain sebagai penunjangnya, semisal browser internet, atau aplikasi streaming pada HP/gadget smartphone yang harus kita buka atau jalankan untuk menuju halaman konten streaming. Dengan demikian barulah kita dapat menikmati hasil streaming.

Streaming dari Sisi Penyedia/Penayang

Hal yang sama dibutuhkan dalam penayangan maupun penerimaan hasil streaming adalah internet. Tentu selain internet juga dibutuhkan piranti lainnya yang difungsikan untuk menghubungkan sumber konten media (video dan audio) dengan jaringan internet. Diantaranya yang paling dominan adalah laptop dan PC. Ada juga yang menggunakan gadget HP/smartphone secara langsung untuk menayangkan streaming meskipun tidak sefamiliar menayangkan streaming menggunakan laptop atau PC.

Tak hanya itu, dibutuhkan konfigurasi akun streaming dalam software/aplikasi penayang streaming yang mengolah sumber media (video dan audio) untuk ditayangkan dan menjadikannya konten streaming yang dapat dinikmati oleh pengguna.

Live Streaming

Proses streaming yang sesungguhnya dan sangat identik dengan streaming itu sendiri adalah prosesnya yang “realtime process”. Artinya proses tersebut terjadi dalam waktu yang sesungguhnya pada saat kejadian itu terjadi dan sedang berlangsung. Atau mudahnya dapat diartikan sebagai proses siaran langsung.

Live streaming hampir serupa dengan live broadcast, karena menyajikan tayangan konten media yang sedang terjadi atau sedang berlangsung. Ya, live streaming menekankan realtime process dalam penyajian penayangannya. Namun tetap saja ada jeda/delay hasil penayangan beberapa detik atau menit dikarenakan latensi jaringan internet yang berbeda serta proses pengolahan streaming yang memiliki tahapan-tahapan yang memungkinkan adanya distorsi waktu.

Berikutnya kita akan mengenal lebih jauh seputar alur proses streaming dan jenis-jenis streaming. Semoga Bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »