Alasan Menonaktifkan Windows Update pada Windows 10

Catatan Ikrom September 02, 2017
Sebagai salah satu fungsi layanan yang memberikan pembaruan sistem operasi Windows, fitur Windows Update terkadang perlu dinonaktifkan. Terlebih lagi fitur Windows Update pada OS Windows 10 lebih sulit dinonaktifkan daripada versi Windows pendahulunya. Hal ini disebabkan tidak adanya pengaturan yang mudah dan mendetil pada Control Panel maupun Settings pada Windows 10.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 10

Umumnya sangat tidak dianjurkan menonaktifkan pembaruan otomatis pada sistem operasi apapun. Karena dikhawatirkan celah-celah keamanan yang belum tertutup oleh pembaruan rutin otomatis, akan menjadi sasaran tindak kejahatan ataupun memungkinkannya terjadi error atau gagal fungsi pada salah satu fitur Windows.

Alasan Menonaktifkan Windows Update pada Windows 10

Namun demikian, ada beberapa alasan yang sepele, namun bisa menjadi fatal bila kita tidak menonaktifkan Windows Update, diantaranya:


1) Menguras Kuota Internet


Jika tidak dinonaktifkan, maka fungsi Windows Update akan menguras kuota internet pengguna saat terhubung ke jaringan internet. Terlebih bila pengguna tidak menggunakan jaringan WIFI atau hanya memiliki kuota internet terbatas.

Catatan Ikrom Jaringan Internet

Fitur pembaruan otomatis ini akan berjalan secara sembunyi-sembunyi (background process), secara otomatis pula jika tersambung pada jaringan internet. Fitur ini tidak akan menjadi kendala berarti bila pengguna perangkat komputer Windows 10 menggunakan internet WIFI tanpa limit kuota dan gratis pula.


2) Mengganggu Aktivitas Berinternet


Proses pembaruan otomatis akan memakan waktu yang lama dan menyedot trafik internet lebih besar ke arah download update Windows. Akibatnya, aktivitas berinternet kita akan menjadi terganggu karena browsing internet, upload ataupun download dokumen dan foto menjadi lebih lambat.

Catatan Ikrom Efek Internet Lambat

Bahkan lebih parah, bagi para broadcaster streaming akan mengalami kendala dalam menayangkan streaming. Koneksi upload streaming (upstream) akan terkalahkan oleh download pada aktivitas update otomatis. Seperti yang pernah saya alami saat menayangkan streaming dan tanpa disadari secara bersamaan berlangsung pembaruan otomatis. Maka hasil penayangan streaming menjadi cacat yakni terjadi buffer karena kebutuhan upstream berkurang akibat aktivitas download update.


3) Menunda Waktu Shutdown ataupun Restart Komputer


Sebenarnya alasan yang terakhir ini bukan menjadi kendala yang sangat berarti. Tetapi efek yang ditimbulkan setelah selesai proses pembaruan otomatis ini dapat menunda waktu shutdown komputer. Bagaimana tidak, sebab ketika kita nantinya melakukan restart komputer ataupun shutdown (mematikan komputer), akan muncul informasi perintah untuk tidak langsung mematikan daya perangkat komputer hingga proses konfigurasi update selesai.

catatan ikrom tampilan konfigurasi update pada windows 10 saat restart atau shutdown

Ya, setelah pembaruan otomatis berhasil terunduh dan terinstall maka komputer harus mengkonfigurasi pengaturan hasil pembaruan tersebut. Dan pastinya, proses pengonfigurasian tersebut dilakukan saat komputer restart atau menjelang shutdown. Tentu kita hatus menunggu proses tersebut berakhir dari 0% menuju 100%. Berapa lama? tergantung jumlah dan besar Update Windows yang diperbarui. Kita pun tidak bisa membatalkan sepihak dengan mencabut kabel daya listrik misalnya. Ini mengakibatkan gagalnya fungsi pada sistem operasi Windows milik Anda. Jadi bagi Anda yang terburu-buru untuk mematikan komputer sepertinya harus sedikit lebih sabar lagi menunggu proses konfigurasi update selesai.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa harus menonaktifkan Windows Update pada Windows 10. Alasan ini tidak akan berguna pagi para pengguna komputer yang tidak pernah terhubung ke jaringan internet. Karena proses pembaruan otomatis ini terjadi pada komputer yang tersambung dengan internet.

Berikutnya, kepada siapa sajakah dan untuk apa sajakah disarankan menggunakan atau menonaktifkan Windows Update? Akan kami hadirkan dalam artikel Catatan Ikrom berikutnya. Demikian, silahkan share artikel ini dan semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »