Alur Proses Streaming

Catatan Ikrom April 11, 2016
Catatan Ikrom Alur Proses Streaming

Alur Proses Streaming

Bismillahirrohmaanirrohiim, setelah sebelumnya saya memposting artikel belajar mengenal streaming, sekarang saya akan paparkan sekelumit tentang alur proses streaming beserta analisa kendala yang dihadapi.

Baca Juga: Belajar Mengenal Streaming

Secara sederhana, proses streaming dapat diterjemahkan sebagai berikut:

(Penyedia/Penayang: Konten Media Video/Audio) è (Piranti Penghubung dengan Internet: PC/Laptop/Smartphone) è (Koneksi Internet Penyedia) è (Konfigurasi Akun Streaming untuk Terhubung ke Server Streaming) è (Koneksi Internet Pengguna) è (Piranti Penerima Streaming: PC/Laptop/Smartphone dengan Software pendukung) è (Pengguna Menikmati Hasil Streaming)

Konten yang akan ditayangkan melalui streaming baik berupa video atau audio, baik itu hasil merekam via kamera/handycam maupun menayangkan file, wajib masuk PC/Laptop. Bila berupa file lebih mudah karena tentu sudah berbentuk file dalam Laptop/PC, namun bila hasil merekam audio ataupun video maka perlu penghubung dari piranti perekam ke Laptop/PC. Setelah itu Laptop/PC wajib terhubung ke internet, dan juga Penyedia/Penayang wajib memiliki akun server streaming, yang kemudian dikonfigurasi dan diaktifkan penayangan live. Setelah server streaming terhubung, maka pengguna dapat menikmati hasil streaming melalui media yang terhubung ke internet. Pengguna dapat mengakses link atau halaman web penyedia streaming untuk menikmati hasil streaming yang ditayangkan oleh penyedia/penayang streaming.

Dari alur proses streaming tersebut maka dapat kita analisa kebutuhan alat maupun piranti yang dibutuhkan untuk penayangan streaming. Selain itu, jika terdapat masalah/trouble pada penayangan streaming maka dapat dianalisa mundur berdasarkan tahapan-tahapan proses streaming, untuk melacak di tahapan atau bagian mana terdapat gangguan maupun terdapat kekurangan atau kelemahan infrastruktur.

Kendala dan Analisa Masalah

Umumnya pendeteksian kendala proses streaming diawali dengan pengecekkan pada bagian penerimaan hasil streaming oleh pengguna. Pada tahap penerimaan streaming oleh pengguna kemungkinan kendala yang ada adalah kualitas koneksi jaringan internet yang digunakan untuk menikmati hasil streaming. Sedangkan pada tahap penayangan, bisa dianalisa dari segi koneksi internet, setting pengaturan streaming pada software streaming, kondisi konektivitas kabel pada piranti media konten streaming (misal kabel yang terhubung pada audio maupun video sumber streaming), spesifikasi laptop atau PC yang menunjang proses streaming.

Kendala lain yang bahkan mungkin tidak disadari adalah setting pengaturan akun streaming kita yang bisa jadi salah memasukkan akun atau password. Atau bisa jadi masa aktif akun streaming yang belum diperpanjang, sehingga mengakibatkan layanan streaming kita ditangguhkan (disuspend) sehingga tidak dapat digunakan. Jika layanan disuspend maka harap segera penuhi pembaruan administrasi pembayaran akun streaming (pengalaman pribadi penulis hehehe).

Tak khayal bila terdapat delay waktu penayangan pada hasil streaming maupun perbedaan kualitas/distorsi hasil kualitas sumber media streaming dengan hasil penayangannya yang diterima oleh pengguna. Karena banyaknya tahapan yang dilalui dalam proses streaming ini, selain itu pilihan pengaturan pada software aplikasi streaming juga menentukan hasil kualitas output streaming. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »