Kemudahan Edit Source Code dengan Notepad++

Catatan Ikrom November 09, 2015
catatanikrom - kemudahan edit source code dengan notepad++
Kita mengenal notepad maupun wordpad, aplikasi bawaan Windows yang berfungsi sebagai penyunting dokumen sederhana. Saya sebut sederhana karena menu dan fiturnya yang sangat sederhana dan sedikit bila dibandingkan Microsoft Word. Namun kini ada Notepad++ aplikasi gratis penyunting dokumen maupun edit source code yang simple namun kaya fitur.

Notepad++ hampir serupa dengan notepad maupaun wordpad yang fungsinya untuk membuat catatan dokumen yang sangat kecil ukurannya dalam bentuk file txt. Fungsinya yakni sama-sama digunakan untuk mengedit kode-kode script maupun catatan sederhana tanpa sisipan gambar. Notepad++ sangat sering digunakan untuk mengedit kode html, java, dan lain-lain karena ada kemudahan dan fitur yang tidak terdapat pada notepad dan wordpad biasa. Berikut ini beberapa kemudahan dan fitur unggulan program Notepad++.

1. Dapat membuka lebih dari satu file secara bersamaan.
Notepad++ dapat membuka lebih dari satu file dalam satu jendela program. Notepad++ serupa dalam browser internet yang dapat membuka beberpaa tab window dalam satu program, berbeda dengan notepad biasa yang hanya dapat membuka satu dokumen dalam satu jendela.

2. Jendela dokumen tidak hilang saat keluar program.
Notepad++ tidak akan menutup semua jendela file yang sedang Anda edit meskipun Anda telah keluar dari program notepad++. Bahkan jika Anda lupa menyimpan sebelum keluar program, maka file Anda tidak akan hilang dan akan tetap ada. Disinilah kemudahan yang sangat saya rasakan bila terkadang lupa menyimpan. Di notepad++ semua jendela file yang Anda buka tetap akan ada sekalipun notepad++ telah ditutup. Begitu pula ketika Anda membuka kembali notepad++ maka Anda akan lihat lembar kerja terakhir yang Anda buka.

3. Terdapat informasi baris pada setiap baris editor teks.
Jika umumnya editor teks tidak menampilkan urutan baris ke berapa pada setiap barisnya, maka Notepad++ ini justru menampilkan informasi urutan baris pada setiap barisnya. Dengan adanya urutan baris ini memudahkan kita untuk melacak letak kesalahan script kode pada baris yang terdapat kesalahan.

4. Teks editor pada notepad++ berwarna-warni.
Teks editor yang warna-warni ini akan tampak setelah Anda menyimpan file Anda selain dalam bentuk txt, semisal html. Sebab notepad++ sebagai source code editor akan mengidentifikasi dokumen berupa source code html yang didalamnya terdapat script dengan closing statement, sehingga teks editor akan muncul warna-warni untuk mengidentifikasi setiap script.

5. Mengidentifikasi langsung script kode.
Notepad++ dapat mengidentifikasi kode apit seperti script html, xml, dll. Kode html biasa menggunakan sistem apit mengawali dan mengakhiri script dengan kurung buka dan kurung tutup <> dan </>. Jika Anda lupa memberikan closing statement dalam source kode Anda, maka akan ada peringatan tidak langsung yakni dengan warna yang berubah pada teks/kode di lembar kerja notepad++.

6. Menyediakan menu untuk pratinjau hasil edit.
Notepad++ sebagai source code editor seperti kode html, dapat menayangkan hasil pratinjau dari script kode html Anda dalam browser. Fitur ini disebut fitur Run/Launch yang ada pada menu Run. Jika ingin menayangkan di browser maka klik menu launch in chrome atau launch in Firefox dan lainnya.


Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda nikmati dari program gratis Notepad++, saya hanya menyebut beberapa diantaranya yang sangat terasa kemudahan dan manfaatnya. Selain itu cara install, update, maupun download program Notepad++ ini juga mudah. Setelah download, cukup install dengan mengeksekusi file masternya lalu ikuti petunjuk Next, Install, hingga Finish.

Link Download | Notepad++
Website Resmi Notepad++

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »