Plugin Qur'an in Word Terbaru Support Microsoft Word 2013

Catatan Ikrom November 09, 2015
CatatanIkrom - Plugin Qur'an in Word terbaru support Microsoft Word 2013 - image by taufiqproduct.com
Menyisipkan ayat Al-Qur'an ke dokumen Microsoft Word kini bukanlah hal yang sulit. Anda tidak perlu mengcopy teks ayat Al-Qur'an dari aplikasi Al-Qur'an atau halaman web untuk disisipkan di dokumen Word Anda. Ada cara yang mudah untuk menyisipkan ayat Al-Qur'an di dokumen Word Anda. Cara ini memanfaatkan plugin Qur'an in Word untuk Microsoft Word.

Dengan plugin Qur'an in Word, Anda dapat menyisipkan ayat Al-Qur'an sesuai keinginan Anda. Ayat Al-Qur'an ke sekian hingga ke sekian, bahkan juga terjemah Al-Qur'an dari ayat yang bersangkutan. Anda cukup download plugin Qur'an in Word lalu menginstallnya. Namun sebelumnya pastikan Anda telah menginstall Microsoft Office (termasuk Word).

Jika pada versi 1.3 plugin Qur'an in Word tidak kompatibel dengan Microsoft Word 2013 dan yang terbaru, maka pada Plugin Qur'an in Word terbaru versi 2.2 sudah support alias kompatibel dengan Microsoft Word 2013. Versi terbaru ini diluncurkan pada Ramadhan 1434 Hijriyah lalu dan merupakan karya asli putra bangsa Indonesia yakni oleh Saudara Mohamad Taufiq.

Fitur terbaru yang ada pada plugin Qur'an in Word Ver 2.2 antara lain:
1. Dapat dijalankan pada sistem operasi 32bit atau 64 bit
2. Menggunakan font arab tunggal yang sudah termasuk di dalamnya, diunduh dari http://fonts.qurancomplex.gov.sa/?page_id=42
3. Dapat menyisipkan terjemahan dari berbagai terjemah atau bahasa
4. Memilih nomor halaman Al-Qur'an
5. Browsing mencari ayat Al-Qur'an dan terjemahannya kemudian menyisipkannya di dokumen Anda.

Cara menginstallnya cukup mudah, tinggal eksekusi master plugin Qur'an in Word, kemudian ikuti panduan langkah berikutnya dengan mengklik tombol nest dan next hingga terakhir finish. Kemudian buka Microsoft Word Anda dan lihat ujung kanan menu di Microsoft Word Anda, akan ada menu tambahan yakni Add-ins. Di menu add-ins jika Anda klik akan muncul menu Get Ayat Al-Qur'an, berarti plugin telah berhasil diinstall.

Untuk pengguna Windows XP, kemungkinan akan menghadapi kendala tidak terinstall sempurna. Jika Anda mengalami hal ini maka wajib install update dari Microsoft berikut ini terlebih dahulu, berdasarkan Microsoft Office versi apa yang Anda install di Windows XP Anda. (Update pengguna Windows XP untuk Office 2003, Office 2007, Office 2010). Jika Anda merasa kesulitan ketika Anda menggunakan Windows XP, Anda bisa menggunakan plugin Qur'an in Word versi 1.3 namun tidak support Microsoft Office 2010, 2013, dan yang terbaru.

Cara menggunakannya pun mudah, cukup klik menu Get ayat Al-Qur'an di menu add-ins maka akan muncul dialog menu. Pada dialog menu tersebut, Anda dapat menentukan ayat dan Surat Al-Qur'an yang akan Anda sisipkan termasuk pilihan menyertakan terjemahnya atau tidak. Maka di lembar kerja dokumen Word Anda akan muncul ayat Al-Qur'an yang ingin Anda masukkan/sisipkan dalam dokumen Anda. Berikutnya Anda dapat mengatur ukuran tulisan ayat Al-Qur'an tersebut sesuai keinginan Anda.

catatanikrom-quran-in-word-22-taufiqproduct.com
image by taufiqproduct.com
catatanikrom-quran-in-word-22-taufiqproduct.com
image by taufiqproduct.com


catatanikrom-quran-in-word-22-taufiqproduct.com
image by taufiqproduct.com
catatanikrom-quran-in-word-22-taufiqproduct.com
image by taufiqproduct.com

Plugin ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sering membuat tulisan yang di dalamnya terdapat kutipan ayat-ayat Al-Qur'an. Tidak perlu khawatir jika font tulisan Arabnya tidak muncul, sebab plugin ini tidak membutuhkan font Arab yang harus kita install terlebih dahulu. Intinya sangat mudah untuk diinstall dan digunakan di Microsoft Word Anda. Bila Anda ingin menggunakannya di program Microsoft Office lainnya, sepertinya masih belum bisa sebab plugin ini hanya untuk Microsoft Word. Namun Anda bisa mengakalinya dengan mengcopy ayat Al-Qur'an dari lembar dokumen Microsoft Word Anda ke Microsoft Excel atau Power Point.

Berikut ini Link Download Plugin Qur'an in Word terbaru versi 2.2 support Microsoft Word 2013
Plugin Qur'an in Word versi 2.2 (32 bit)
Plugin Qur'an in Word versi 2.2 (64 bit)
atau versi lama 1.3 tidak support Microsoft Office 2010, 2013, dan yang terbaru:
Plugin Qur'an in Word versi 1.3 Terjemah Bahasa Indonesia
Plugin Qur'an in Word versi 1.3 Terjemah Bahasa Innggris
Halaman Resmi Plugin Qur'an in Word oleh Mohamad Taufiq

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
Catatan Ikrom
AUTHOR
February 2, 2017 at 4:26 PM delete

Gunakan Versi 2.2 dan sesuaikan dengan versi OS Windows Anda, Windows 32 bit atau 64 bit. Insya Allah bisa digunakan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 28, 2017 at 1:00 PM delete

ini, gimana cara pake nya sih, saya bingung, mohon d arahkan, udah saya unduh tapi tetap gak ada juga aplikasinya, hufhh

Reply
avatar
Catatan Ikrom
AUTHOR
December 4, 2017 at 10:26 AM delete

Pastikan sudah menginstall Microsoft Office terlebih dahulu dan perhatikan versi apa yg diinstall. Baru kemudian install plugin Qur'an in Word ini sesuai versi Microsoft Office Anda. Setelah install hingga selesai, jalankan Microsoft Word, dan lihat pada menu tab kanan atas akan muncul menu "Add-ins". Di menu Add-ins inilah plugin Qur'an in Word terinstall dan bisa langsung digunakan...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
February 25, 2018 at 11:51 AM delete

ini kon error framework 2.0 terus yah.

Reply
avatar
March 6, 2018 at 1:02 PM delete

coba update ke versi terbaru versi 3.0

http://taufiqproduct.com/download/15/download-quran-in-ms-word-version-30

Reply
avatar