Tips Cara Mudah Belajar Software

Catatan Ikrom September 10, 2016
Ketika melakukan aktivitas pekerjaan, kadang kita dituntut untuk menguasai penggunaan software. Terlebih bila pekerjaan itu berkaitan erat dengan komputer. Tak hanya pekerjaan. Tugas sekolah maupun kuliah pun kini mewajibkan kita untuk menguasai penggunaan software.

Sangat banyak software yang diproduksi dan beredar. Software ini pun diciptakan untuk memudahkan jutaan pekerjaan dan aktivitas manusia. Nah, mau tidak mau kita perlu menguasai penggunaan software yang mungkin jumlahnya sangat banyak. Tergantung kebutuhan dan pekerjaan kita tentunya. Jika tidak, akan menghambat kelancaran aktivitas maupun pekerjaan kita dalam menggunakan software.

Catatan Ikrom Tips Cara Mudah Belajar Software

Berikut ini tips sederhana dari Catatan Ikrom agar kita mudah belajar software. Tips berikut dapat memudahkan Anda menguasai beragam software yang berbeda. Mulai dari mengenal fungsi setiap software, cara menggunakannya, serta mengajarkan Anda bagaimana menjadi mahir menguasai software. Terutama bagi Anda yang awam terhadap software baru. Berikut diantaranya.

1) Membaca Review Software

Banyaknya software yang diproduksi dan beredar tentu membawa kemudahan dan fungsinya masing-masing. Setiap software tentu akan dibekali penjelasan tentang cara kerja, fungsi, serta fitur yang disertakan. Umumnya disebut review software.

Anda dapat membaca review setiap software dari majalah komputer maupun situs download software. Dengan demikian, Anda akan mendapat gambaran secara utuh tentang fungsi, cara kerja, spesifikasi, fitur, layanan dari setiap software yang ingin Anda gunakan.

2) Pahami Filosofi Software

Setelah kita mengetahui review dari sebuah software dan menginstallnya, tentu kita ingin tau bagaimana cara mengoperasikannya. Satu hal yang perlu diingat bahwa setiap pembuat software tentu mempertimbangkan aspek kemudahan bagi penggunanya.

Setiap software memiliki tampilan dan menu yang berbeda. Namun hampir semua software Windows memiliki filosofi software yang sama. Saya telah membahasnya secara khusus pada artikel mengenal filosofi software windows. Dengan memahaminya, semoga dapat memudahkan Anda mengoperasikan software windows.


3) Pelajari Setiap Tools Menu

Beda software tentu beda fungsi. Anda tidak akan menemui menu editing audio pada software desain grafis. Begitupun sebaliknya. Setiap software tentu dibekali tools yang sangat banyak guna menunjang aktivitas pekerjaan kita.

Tak mungkin kita menghafal semuanya. Namun setidaknya Anda perlu mempelajari setiap menu yang ada. Mengapa? Agar kita tau setiap fungsi tools tersebut dan mungkin lain waktu kita akan membutuhkan dan menggunakannya. Jelajahi fungsi setiap menu, tombol, fungsi yang Ada.

4) Buka Kamus Bahasa Inggris

Hampir semua software dibuat menggunakan bahasa Inggris. Tampilan menunya pun menggunakan bahasa Inggris. Bahkan fitur bantuan (Help) yang disediakan setiap software pun menggunakan bahasa Inggris. Akan lebih mudah menggunakan dan menguasai software bila kita juga menguasai bahasa Inggris.

Jika tidak mahir berbahasa Inggris, mungkin kamus bahasa Inggris adalah jawabannya. Bila kita menemukan notifikasi peringatan atau menu yang kita tak paham maksudnya, kita dapat menemukan artinya dari kamus bahasa Inggris.


5) Sering Mencoba dan Bereksperimen

Bisa karena terbiasa. Semakin anda sering mencoba dan bereksperimen maka akan menambah kemampuan Anda menggunakan software. Terkadang masalah baru muncul ketika kita mencoba hal baru. Ini sangat bagus bagi Anda untuk mengasah keahlian dan kemampuan penggunaan software. Menciptakan karya yang rumit dari karya-karya sebelumnya, maka akan menambah wawasan dan pengalaman kita.

Ibarat pisau yang tak diasah akan menjadi tumpul. Begitu pula ketika kita ingin menjadi mahir dalam menggunakan software. Sering-seringlah mencoba agar kita tak lupa.


6) Mencari Tutorial

Jangan berhenti atau menyerah ketika mengalami kendala. Terlebih ketika kita menggunakan software. Anda bukan satu-satunya orang yang mengalaminya. Dan tidak semua orang tidak mampu menyelesaikannya. Bisa jadi ada orang lain yang berhasil memecahkan permasalahan penggunaan software dalam kasus tertentu.

Solusinya adalah mencari tutorial dari penggunaan software di internet. Ada ribuan bahkan jutaan solusi yang mungkin orang lain bagikan di sana. Dengan tahapan dan solusi yang ada dalam tutorial, akan menuntun Anda menyelesaikan permasalahan dalam penggunaan software. Bahkan dengan mencari tutorial di internet maupun buku panduan, Anda akan mendapatkan wawasan baru untuk menciptakan karya baru lainnya yang kita belum tau sebelumnya.

7) Jangan Takut

Jangan takut. Point ini saya letakkan paling akhir namun hakikatnya harus diletakkan kedua setelah mengucap Bismillah. Bagaimana tidak? ketika kita takut takut maka akan takut segalanya. Takut menjalani tips ini dari awal hingga akhir.

Point ini merupakan pengalaman pribadi saya saat masih duduk di bangku SD kelas 6. Akibat sering melakukan eksperimen dan uji coba, ahirnya muncul sesuatu hal yang membuat saya takut. Ketakutan ini muncul setelah saya mencoba menu klik kanan "Create New Folder". Dan muncul-lah icon kotak warna kuning pada desktop Windows 95 kala itu. Ternyata itu adalah cara membuat folder atau kotak arsip yang memudahkan kita mengelompokkan dokumen. Takut, karena kita tidak tau ilmunya. Padahal saat itu sebenarnya saya telah mendapat pengalaman dan ilmu baru. Meskipun hanya sebuah New Folder.

Ketakutan yang besar yakni takut komputer rusak. Jangan takut menggunakan ataupun belajar software. Kalau software rusak, kita bisa install ulang. Beda cerita kalau hardware yang rusak. Jadi jangan takut untuk belajar, mencoba, bereksperimen, dan belajar meningkatkan kemampuan menggunakan software. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »