Persiapan Membuat Radio Streaming Auto DJ

Catatan Ikrom September 24, 2016
Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu saya telah membahas tentang jenis-jenis radio streaming. Salah satu jenis audio streaming selain live radio streaming adalah Auto DJ radio streaming.

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak, apa dan bagaimana Auto DJ Radio Streaming. Auto DJ Radio Streaming merupakan jenis radio streaming yang bekerja secara otomatis 24 jam nonstop tanpa harus kita operatori di depan PC/Laptop terus menerus. Selain berjalan otomatis, auto dj radio streaming dapat berfungsi menjadi live radio streaming manual jika kita menonaktifkan fitur auto dj otomatisnya. Serbaguna, 2 fungsi sekaligus dalam auto dj radio streaming.

Catatan Ikrom Persiapan Membuat Radio Streaming Auto DJ

Cara kerja radio streaming auto dj, yakni memutar beberapa file audio yang disimpan dalam server auto dj radio streaming secara otomatis. Ketika kita akan menayangkan live radio streaming, maka nonaktifkan dahulu auto dj otomatis. Baru kemudian kita dapat menayangkan live radio streaming secara manual.

(Baca selengkapnya: Mengenal Radio Streaming Auto DJ dan Cara Kerjanya)

Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat Radio Streaming Auto DJ yaitu:

A) Akun Auto DJ Radio Streaming

Perbedaan akun Auto DJ Radio Streaming dengan akun radio streaming biasa terletak pada sistem pemutaran otomatis (automation streaming). Pada akun auto dj, Anda akan mendapatkan fasilitas disk space untuk menyimpan file audio MP3 yang akan ditayangkan via Auto DJ streaming. Ukuran space yang ditawarkan beragam sesuai dengan harga paket. Perbedaan harga akun auto dj radio streaming juga terkait perbedaan jumlah listeners/pendengar. Makin mahal, maka makin banyak jumlah listener dan makin besar disk space yang disediakan untuk Auto DJ radio streaming.

Catatan Ikrom Akun Radio Streaming Auto DJ

Jenis akun streamingnya pun tersedia shoutcast dan icecast serta dilengkapi control panel. Control panel ini berfungsi untuk mengatur setting otomatis dan manual auto dj, mengonfigurasikan password, mengatur playlist audio auto dj streaming, bahkan tersaji pula statistik pendengar secara lengkap. Control panel yang disediakan pun ada yang berupa Centova Cast atau WHM Sonic tergantung pada penyedia jasanya. Untuk layanan akun auto dj streaming di Indonesia sepertinya lebih familiar dengan shoutcast, dan dilengkapi Centova Cast (meskipun juga ada yang menggunakan WHM Sonic).

Cara mendapatkan akun auto dj radio streaming akan saya bahas secara khusus, baik itu yang berbayar maupun gratisan.

B) Beberapa File Audio MP3

Sesuai dengan cara kerja auto dj streaming yakni memutar file audio yang disimpan di server auto dj, maka kita perlu menyiapkan file audio MP3 yang akan kita tayangkan live streaming otomatis via auto dj. Jumlah file audio mp3 yang dibutuhkan menyesuaikan ukuran file audio mp3 yang bersangkutan. Jumlahnya dibatasi dengan maksimal kuota space yang disediakan pada paket yang Anda beli/dapatkan.

Catatan Ikrom File Audio untuk Auto DJ Radio Streaming

Jika Anda hanya mendapatkan space sedikit, maka ada alternatif lain agar bisa mengupload banyak file audio mp3 yakni dengan mengconvert file audio tersebut menjadi mono (64kbps 22050 Hz mono). Dengan demikian ukuran file audio menjadi kecil sehingga Anda dapat mengupload banyak file audio mp3 ke server auto dj.

C) PC/Laptop

Catatan Ikrom Laptop atau Komputer

PC/Laptop ini tentu sangat berguna dalam membangun auto dj radio streaming di awal, serta ketika kita ingin menayangkan live radio streaming manual. Dengan PC/laptop yang nantinya akan terhubung internet, maka kita dapat mengupload file audio MP3 ke server auto dj milik kita. Selain itu juga mengatur playlist radio streaming auto dj dan mengaktifkannya.

D) Internet

Ya, internet dengan kecepatan tinggi dan stabil sangat dibutuhkan untuk membangun auto dj radio streaming di awal. Karena server auto dj milik kita hanya dapat diatur dan diakses hanya melalui internet. Pastikan menggunakan internet yang kencang, minimal 3G lah.

Catatan Ikrom Persiapan Koneksi Internet Radio Streaming Auto DJ


Jika kita ingin menayangkan radio streaming secara manual, maka Anda harus menyiapkan kebutuhan sebagaimana yang dibutuhkan untuk membuat radio streaming biasa. Demikianlah beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk membuat radio streaming auto dj. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »