Cara Menginstall Font di Windows

Catatan Ikrom August 20, 2016
Pada dasarnya, Windows telah menyediakan beragam font untuk kita gunakan. Jumlah font tersebut pun bertambah seiring kita menginstall software lain. Contohnya, software desain grafis seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop.

Apabila kita bosan ataupun merasa kurang terhadap pilihan font yang ada, maka kita dapat menambahkan font lagi. Umumnya orang ingin menambahkan font baru pada Windows dengan berbagai tujuan. Salah satunya untuk menunjang kebutuhan dalam penulisan maupun desain. Membuat undangan atau poster misalnya. Agar lebih menarik dan unik, tentu harus memilih font yang berbeda dari font yang telah disediakan Windows.

Catatan Ikrom Cara Menginstall Font di Windows

Untuk menambahkan font baru pada Windows dan memastikan bahwa font tersebut dapat langsung digunakan, maka kita harus menginstallnya. Cara menginstall font pada windows pun sangat mudah. Cara menginstall font pada Windows yang kami sajikan kali ini bisa diterapkan pada semua versi Windows. Mulai versi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, juga Windows 10.

Berikut cara menginstall font di Windows:

1. Copy ke Folder Fonts Windows

Cara pertama menginstall font di Windows yakni dengan mengcopy font baru yang akan ditambahkan, ke dalam folder Fonts Windows. Folder Fonts Windows ini merupakan folder utama pada sistem operasi Windows yang berfungsi menyimpan semua data font.

Folder Fonts Windows bisa Anda temukan pada drive C:\Windows\Fonts. Caranya, silahkan masuk Windows Explorer (Tekan tombol Windows + E), lalu buka drive C:\, lalu buka folder WINDOWS, lalu masuk folder FONTS.

Anda tinggal copy atau "menyeret" langsung (drag) font baru yang ingin Anda install atau tambahkan, ke dalam folder Fonts tersebut. Otomatis font baru tersebut dapat langsung digunakan pada software Anda. Cara ini dapat digunakan pada semua versi Windows, karena ini cara dasar untuk menginstall Font di Windows. Saya sendiri menggunakan cara ini pada Windows XP.

2. Buka Font lalu Tekan Install

Ada inovasi baru muncul sejak hadirnya Windows 7, salah satunya adalah kemudahan install Font Windows. Kemudahan ini berupa tersedianya tombol install ketika kita membuka file font yang akan kita install.

Cara install font jadi begitu mudah. Cukup klik 2 kali atau kita buka file font yang akan kita install, lalu klik tombol install yang ada pada jendela font tersebut. Secara otomatis font berhasil terinstall dan dapat langsung digunakan.

Cara install font dengan klik tombol install ini dapat digunakan mulai versi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga versi terbaru Windows 10.

3. Klik Kanan Font Lalu Klik Install

Cara ini adalah alternatif mudah dari cara nomor 2. Setiap ingin menginstall font baru, klik kanan font tersebut lalu pilih menu Install.

Cara ini hanya bisa dilakukan pada sistem operasi Windows 7 hingga versi yang paling baru. Bagi Anda pengguna Windows XP dipastikan tidak bisa menggunakan cara ini.

4. Menggunakan Software Manajemen Font

Selain menggunakan 2 cara yang telah saya sebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan cara lain yaitu menggunakan software manajemen font. Ada beragam software manajemen font yang bisa Anda miliki. Sebagai contoh, ada AMP Font Viewer, Bitstream Font Navigator, dan lain-lain. Namun untuk menggunakannya, Anda harus menginstall software manajemen font tersebut terlebih dahulu.

Dengan software manajemen font, kita dapat mengetahui font apa saja yang telah terinstall dan font yang belum terinstall. Software manajemen font ini juga dapat men-scan untuk mencari font yang ada pada komputer atau laptop kita. Jika kita ingin menginstall font yang belum terinstall maka tinggal klik nama fontnya lalu klik install.


Itulah 3 cara menginstall font di Windows yang telah kami rangkum. Selamat mencoba dan semoga berasil menambahkan font yang Anda inginkan. Catatan Ikrom juga menghadirkan beberapa konten font untuk Anda download pada kategori artikel Font. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »