Kebutuhan Streaming

Catatan Ikrom May 15, 2016

Kebutuhan Streaming

Kebutuhan Streaming

Sebelum membuat streaming maupun menikmati konten streaming, ada hal-hal yang diperlukan untuk membuat streaming. Baik radio streaming ataupun video streaming, tentunya membutuhkan beberapa peralatan/infrastruktur yang menunjang proses streaming.

Kebutuhan streaming ini wajib dipenuhi baik bagi penyedia konten streaming maupun bagi penerima/penikmat hasil streaming. Mengingat streaming ini membutuhkan koneksi internet, tentu salah satu kebutuhan streaming utamanya adalah internet. Namun masih ada beberapa piranti yang dibutuhkan guna suksenya streaming baik dari sisi penyedia maupun penerima streaming.

Berikut ini kebutuhan streaming secara garis besar, agar kita bisa membuat/menayangkan konten streaming sekaligus menikmati hasil streaming.

Kebutuhan Streaming bagi Penyedia Streaming

Sebagai penyedia/provider konten streaming, ada beberapa hal yang dibutuhkan untuk membuat radio streaming ataupun video streaming, diantaranya:

1. PC/Laptop (dengan Headset)

PC atau Laptop adalah alat wajib yang dibutuhkan dalam streaming. Konten streaming baik audio atau video harus berbentuk digital, dapat diakses/masuk pada PC/Laptop. Konten streaming tersebut akan mengalami proses encoding kemudian terhubung ke akun server streaming melalui internet tentunya. Semua konten yang akan disajikan via streaming, baik itu file audio, video atau merekam langsung dari perangkat kamera dan audio mixer, harus masuk melalui PC/Laptop. Disinilah fungsi PC/Laptop yakni perantara konten streaming menuju server streaming.

2. Internet (dengan Modem/WiFi/Router)

Internet adalah bagian wajib dalam streaming. Tanpa internet maka konten yang akan disajikan secara streaming tidak dapat melalui server streaming yang diakses secara online. Ya, karena streaming identik dengan internet. Internet ibarat jalan raya yang menghubungkan antar kota dalam dunia streaming. Dengan internet maka penyedia streaming dapat mengakses akun server streamingnya untuk kemudian ditayangkan secara live via streaming. Hasil streaming sendiri akhirnya akan dapat diakses ke seluruh dunia asalkan terhubung dengan internet.

3. Akun Streaming

Inilah kebutuhan yang sangat penting dan vital untuk membuat streaming. Dengan akun streaming, kita akan memiliki akses ke server streaming baik itu streaming audio maupun streaming video. Server streaming inilah kunci proses streaming terjadi. Saya tidak akan membahas detil cara kerja server streaming, terlalu rumit dan kompleks (hehehe). Cara mendapatkan akun streaming ini bisa gratis dan bisa berbayar. Banyak layanan penyedia jasa akun server streaming berbayar yang harganya terjangkau. Ini lebih mudah dan murah daripada kita harus menyewa server dan menginstal fasilitas streaming agar kita memiliki akun streaming. Sistemnya seperti menyewa, dengan membayar perbulan atau pertahun, maka kita akan mendapatkan akun server streaming dengan spesifikasi yang diberikan.

Ada beragam akun streaming yang disajikan. Akun server streaming untuk Radio Streaming misalnya. Kita akan diberikan fasilitas maksimal bitrate output audio streaming, jumlah pendengar (listeners) maksimal, link url atau IP address dari server streaming yang bersangkutan, Port channel, beserta user dan password aksesnya. Ada pilihan server shoutcast atau icecast untuk akun radio streaming. Serupa tapi tak sama, namun yang jelas shoutcast dan icecast inilah yang sering digunakan untuk membuat audio streaming.

Untuk akun server streaming jenis video streaming umumnya menggunakan Flash Media Server, meskipun ada juga yang menggunakan Windows Media Server. Ada yang gratis dan berbayar pula. Harganya memang lebih mahal sedikti daripada akun server Radio Streaming. Setelah kita order akun video streaming, kita akan mendapatkan url link dan stream beserta user dan password akun server video streaming. Bedanya, format url link akun video streaming ini adalah rtmp bukan http sebagaimana url link website ataupun akun radio streaming. Ingin yang gratis? silahkan, namun dengan konsekuensi batasan-batasan fitur dan manual aktivasi, tidak seperti pada akun berbayar.

Akun streaming tersebut nantinya kita atur/setting pada software/aplikasi streaming untuk kemudian kita hubungkan ke server streaming secara online, dan streaming pun dapat dinikmati hasilnya.

4. Software/Aplikasi Streaming

Software aplikasi streaming ini berfungsi untuk mengantarkan konten streaming menuju server streaming. Dengan software streaming inilah konten streaming melewati proses encoding untuk kemudian diolah server streaming agar dapat dinikmati oleh penerima streaming nantinya. Pada software/aplikasi streaming inilah kita melakukan pengaturan setting akun streaming kita untuk kemudian kita tayangkan live ke seluruh dunia.

Ada beragam software dengan caranya untuk menayangkan streaming. Radio streaming misalnya, secara sederhana membutuhkan software Winamp dengan plugin Shoutcast DSP Plugin. Sedangkan untuk video streaming ada yang menggunakan software Flash Live Media Encoder (FLME) atau Wirecast. Sebenarnya ada beragam software/aplikasi streaming, namun nanti akan saya bahas satu-persatu beserta tutorialnya.

5. Kabel Audio

Radio streaming maupun video streaming tentu membutuhkan konten audio. Maka kabel audio ini dibutuhkan guna menghubungkan sumber audio menuju ke PC/Laptop. Sederhana, agar konten audio dapat masuk ke dalam PC/Laptop itu intinya. Tanpa kabel audio pun tidak apa-apa hanya pada kondisi tertentu. Misalnya, mungkin sebagian orang ingin menayangkan streaming melalui webcam Laptop, sehingga audionya memanfaatkan mic internal Laptop. Namun mengambil audio melalui mic internal Laptop tidak disarankan karena kualitas audio yang kurang baik karena terpengaruh noise suara lingkungan sekitar.

6. Kabel Video

Kabel video dibutuhkan untuk menghubungkan kamera video ke PC/Laptop, fungsinya agar hasil shooting kamera video dapat masuk ke PC/Laptop. Kabel video biasanya menggunakan colokan RCA, sedangkan jenis kabelnya beragam. Disarankan menggunakan kabel video yang besarnya serupa dengan kabel microphone bukan yang kecil, karena akan memengaruhi kualitas hasil capture shooting video yang masuk pada PC/Laptop.


7. Audio Mixer/Microphone

Jika sebelumnya sudah disebutkan kabel audio, maka sudah pasti konten Audio yang akan di-streaming-kan lah yang menjadi sumbernya. Maka darimana kita dapatkan sumber konten audio tersebut? Umumnya orang mengambil langsung konten audio dari mic eksternal PC/Laptop atau microphone. Ada juga yang memanfaatkan output audio dari perangkat Audio mixer sehingga pengaturan volume audio, bass, balance, treble dapat diatur dengan mudah dengan Audio Mixer. Komponen ini takkan berarti bila Anda ingin menayangkan streaming dengan memutar playlist audio mp3 maupun file video.


8. Kamera Video/Handycam/Webcam

Bila kita ingin menayangkan video streaming secara live/langsung, maka dibutuhkan kamera video/handycam/webcam untuk merekam adegan/aktivitas yang akan kita tayangkan. Hasil shooting dari kamera video akan dihubungkan dengan kabel video agar dapat masuk ke dalam PC/Laptop. Tentunya perlu dilengkapi dengan perangkat tambahan berikutnya.

9. USB Video Capture (Video to USB)

Nah inilah perangkat yang paling berperan penting dalam menyiapkan konten video streaming. USB Video Capture yang berfungsi untuk penghubung kabel video dari kamera video menuju ke PC/Laptop. Detilnya USB Video capture ini berfungsi mengubah sinyal analog video menjadi sinyal digital. Berhubung colokan yang ada pada PC/laptop umumnya hanya USB, maka dibutuhkan USB Video Capture agar hasil shooting video melalui kabel video dapat tercapture di PC/Laptop. Ada beragam contoh perangkat hardware USB Video Capture. Paling murah dan mudah didapat yaitu Easy Cap dan USB TV Tuner. Sedangkan yang lebih mahal dan sulit didapat adalah Kworld DVD Maker USB 2 atau yang lebih dikenal dengan Kworld USB Video.


Kebutuhan Streaming bagi Penerima Streaming

Bagi penerima/penikmat streaming, tidaklah membutuhkan infrastruktur yang begitu banyak. Secara garis besar cukup ada PC/Laptop, tersedia koneksi internet, maka tinggal mengakses link konten streaming. Dengan demikian sangatlah mudah bagi penerima streaming untuk mengakses konten streaming.

1. PC/Laptop atau Smartphone

Sebagaimana yang dibutuhkan oleh penyedia streaming, maka penerima streaming pun membutuhkan PC atau Laptop untuk mengakses streaming. Terkait penggunaan headset boleh saja agar bisa menikmati streaming lebih privat. Saat ini penggunaan Smartphone yang multifungsi juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses streaming.

Selain PC, Laptop, Smartphone, ada konten streaming khusus yang dapat disaksikan melalui Televisi, tentunya televisi yang terhubung internet. Televisi dapat digunakan mengakses streaming pada UseeTV. UseeTV yang merupakan layanan dari PT. Telkom hanya dapat digunakan oleh pelanggan internet Telkom. Dengan UseeTV, penerima streaming mengakses konten streaming televisi bahkan video streaming on-demand melalui Televisi, namun hanya terbatas mengakses streaming yang disediakan oleh Telkom.

2. Internet

Tanpa internet, maka secanggih apapun PC, Laptop, Smartphone Anda tidak akan bisa mengakses konten streaming. Karena internet merupakan media perantara yang menghantarkan konten streaming kepada penerima/penikmat Streaming. Yang perlu diperhatikan adalah, bila kita ingin menikmati radio streaming maka standar internet yang dibutuhkan tidak begitu besar karena kisaran download/downstreamnya berkisar 24kbps hingga 128kbps. Namun bagi yang ingin menyaksikan video streaming maka dibutuhkan spesifikasi internet dengan download/downstream yang besar.

Intinya, untuk menikmati streaming dibutuhkan kecepatan download yang lebih besar dibandingkan upload. Ya, cukuplah internet berbasis 3G untuk menikmati hasil streaming, terlebih 4G.

3. Software/Aplikasi untuk Mengakses Streaming

Laptop, PC, Smartphone beserta headset, lengkap dengan koneksi internet yang stabil dan kuota besar, siap digunakan untuk mengakses konten streaming. Ibarat mau berperang, maka kelengkapan itu sudah terpenuhi semua, tinggal kita tahu sasarannya. Begitu pula dengan streaming, kita perlu mengetahui sasaran konten streaming yang akan kita simak. Umumnya konten streaming itu disajikan melalui website atau situs blog penyedia, namun tak jarang kini telah memanfaatkan aplikasi-aplikasi khusus termasuk aplikasi smartphone untuk diakses oleh pengguna/penerima streaming.

Browser pada PC/laptop dapat dimanfaatkan untuk mengunjungi situs website atau blog penyedia streaming, yang biasanya dalam website tersebut kita dapat langsung menikmati hasil streaming secara otomatis atau meng-klik tombol Play.

Terkadang ada yang langsung menggunakan software audio player semisal Winamp atau AIMP untuk mendengarkan Radio Streaming, dengan syarat kita tahu alamat link url dari Radio Streaming yang ingin kita dengarkan.

Penggunaan Software Video Player semisal GOM Player atau VLC Media Player pun kini merambah dunia video streaming. Dengan memasukkan link url video streaming yang disajikan oleh penyedia streaming, maka dengan sekali klik maka tayangan video streaming dapat kita nikmati.

Dengan semakin pesatnya perkembangan gadget smartphone, maka mendorong penyedia streaming untuk berinovasi menggunakan aplikasi-aplikasi buatan pihak ketiga agar hasil streamingnya bisa dinikmati oleh pegguna/penerima streaming. Ya, kini telah banyak aplikasi-aplikasi gratis yang tersedia di Playstore, Appstore, maupun Windows Store untuk mengakses streaming. Aplikasi itu kadang disediakan oleh pihak peneyedia streaming sendiri atau bahkan perusahan software komputer yang membuat aplikasi gadegt Smartphone.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
April 20, 2022 at 12:18 PM delete

Kebutuhan Streaming - Catatan Ikrom >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Kebutuhan Streaming - Catatan Ikrom >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Kebutuhan Streaming - Catatan Ikrom >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK da

Reply
avatar