Kini Semua Domain Blogspot Dapat Diakses Melalui HTTPS

Catatan Ikrom May 04, 2016

Kini Semua Domain Blogspot Dapat Diakses Melalui HTTPS

Indikator HTTPS dalam Browser Google Chrome (Gambar oleh GoogleBlog.com)

Tepat mulai 1 Mei 2016 semua domain blog blogspot dapat diakses melalui https. Blogger secara resmi memberlakukan kebijakan penggunaan HTTPS untuk semua domain blogspot. Hal ini sudah diumumkan sebelumnya oleh pihak Blogger sejak awal April 2016 lalu.

Semua alamat domain blog blogspot dapat diakses melalui HTTPS meskipun pemilik blog menonaktifkan fitur HTTPS pada pengaturan blognya. Sehingga blog yang bersangkutan dapat diakses menggunakan HTTP maupun HTTPS.

Penggunaan HTTPS ini tidak berlaku bagi pemilik blog blogspot yang telah menggunakan domain sendiri (custom domain). Blog yang telah memiliki alamat domain TLD seperti .com .org. net dan lainnya, tidak dapat menikmati fasilitas HTTPS gratis dari blogspot. Pemilik blog dengan domain sendiri harus membeli fitur SSL agar dapat menggunakan fitur HTTPS.

HTTPS sendiri sangat penting dalam bagian kemanan internet. HTTPS berfungsi melindungi integritas dan kerahasiaan data yang dikirim antara website dan pengunjung melalui browser, sebagaimana ditulis dalam rilis resmi Blogger 3 Mei 2016.

Peringatan

Blog yang sebelumnya tidak menggunakan HTTPS, mungkin akan mendapati sedikit kesalahan tampilan blog ketika diakses via HTTPS. Pemilik blog perlu mengecek ulang pada setting template blognya, untuk mengetahui bagian mana yang tidak tampil sempurna ketika diakses via HTTPS.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, ketika blog saya Catatan Ikrom diakses dengan HTTPS, yang terjadi adalah font tidak tampil sempurna dan menu navigasi blog masih menggunakan HTTP.

Solusi yang saya ambil adalah mengecek link Google Fonts yang ada pada template yang saya gunakan, untuk diubah linknya dari http:// menjadi https:// agar font tampil sempurna. Sedangkan pada menu navigasi, link bermacam-macam menu saya ubah dari http:// menjadi // saja. Mengubah link url menjadi //, maka memungkinkan menu dapat diakses dan berfungsi dengan baik melalui HTTP ataupun HTTPS.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »