Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Catatan Ikrom May 30, 2016
Cara Memperkecil Ukuran File PDF. File PDF dirancang khusus untuk dokumen yang disimpan dan dibagikan secara online. Invoice jual beli online dalam ukuran PDF, modul atau e-book online, formulir data ataupun dokumen digital lainnya umumnya menggunakan format PDF. Ukuran yang ramping dan kualitas dokumen yang bagus itulah yang diharapkan. Karena aktivitas upload dan download untuk dokumen online, akan lebih efisien jika ukuran file tersebut minimal namun kualitas maksimal. Namun bila ukuran file PDF yang kita buat atau miliki ternyata sangat besar, memperkecil ukuran PDF tentu pilihannya.

Bila Anda belum memiliki file PDF atau ingin membuat file PDF, maka silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara membuat file PDF di sini terlebih dahulu. Ada beberapa cara memperkecil ukuran file PDF. Berikut adalah opsi terbaik yang saya pilih tentang cara memperkecil ukuran file PDF, yakni menggunakan software Orpalis PDF Reducer Free.

Catatan Ikrom Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Keuntungan menggunakan software Orpalis PDF Reducer Free ini antara lain mudah diinstall dan digunakan, proses mengubah ukuran/kompres PDF singkat, hasil ukuran file PDF menjadi ramping dan kualitas tetap bagus. Selain itu Anda juga tidak perlu kerja 2 kali sebagaimana menggunakan cara online untuk memperkecil ukuran file PDF. Pada cara online, Anda harus memiliki koneksi internet kemudian mengupload file PDF berukuran besar milik Anda untuk kemudian diproses agar ukuran lebih kecil, setelah itu Anda harus mendownload hasil file PDF tadi. Membutuhkan waktu yang lebih banyak dan kuota internet lebih, untuk menjalankan beberapa tahap tersebut, apalagi jika ukuran file PDF Anda sangat besar.

Cara memperkecil ukuran file PDF cukup mudah, yaitu:

1. Download software Orpalis PDF Reducer Free di sini atau di sini, kemudian install. Saat download, Anda akan diminta mengisi form data diri beserta email, dan pilih tipe "Individual" bukan Bussiness.
2. Jalankan software Orpalis PDF Reducer Free. Untuk versi gratis, tunggu beberapa detik pada tampilan splash screen lalu klik "OK" untuk masuk aplikasi.
3. Klik menu "Options" untuk melakukan Pengaturan software Orpalis. Pada tab pengaturan "General", bagian "Input Mode" pilih "Files Selection" lalu klik Apply. Ini dimaksudkan untuk memilih file PDF bukan memilih satu folder untuk dikompres.

Setting Orpalis PDF Reducer Free

4. Pilih file PDF yang akan diperkecil ukurannya pada bagian "Source".
5. Pilih lokasi folder untuk hasil file PDF yang diperkecil ukurannya pada bagian "Destination".
6. Klik "Start Batch" untuk memulai proses, Selesai.

Tampilan Depan Software PDF Reducer Free

Anda bisa cek hasilnya. Ukuran file PDF terbaru akan lebih kecil namun isi dokumen tetap bagus kualitasnya. Sangat mudah dan efisien, hemat kuota internet, proses singkat, dan akan memudahkan Anda yang ingin mengupload file PDF dan berbagi secara online. Selain itu, Anda dapat menggunakan software Orpalis PDF Reducer Free ini berkali-kali dengan tetap gratis dan tak membutuhkan koneksi internet lagi. Meskipun jarang menggunakannya, maka menginstallnya tidaklah sia-sia. Bila sewaktu-waktu membutuhkannya maka tinggal jalankan aplikasinya di PC/Laptop Anda.

Ada cara alternatif untuk memperkecil file PDF yakni secara online. Anda bisa kunjungi website berikut ini kemudian mengupload file PDF Anda kemudian klik tombol proses untuk memperkecil ukuran PDF. Setelah proses berhasil maka Anda tinggal mendownload hasilnya. Cara ini hanya bisa dilakukan bila kita selalu terhubung ke internet. Jika tidak, maka saya sangat menyarankan untuk menggunakan software Orpalis PDF Reducer Free sebagaimana yang telah diuraikan tadi. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »