Aplikasi Windows yang Wajib Anda Install

Catatan Ikrom June 23, 2016
Ada beberapa software aplikasi yang wajjib Anda install setelah Anda menginstall Windows. Aplikasi ini sangat menunjang pekerjaan Anda ketika menggunakan PC/Laptop Windows. Selain itu aplikasi ini juga dapat melindungi dan meningkatkan performa PC/Laptop Anda. Berikut beberapa aplikasi Windows yang wajib Anda install yang kami rangkum dalam artikel Catatan Ikrom kali ini, diantaranya:

Catatan Ikrom Aplikasi Windows yang Wajib Anda Install

1. Antivirus

Aplikasi antivirus berguna melindungi komputer Anda terinfeksi oleh Virus, Malware, Spyware, dll. Ada banyak aplikasi Antivirus. Produksi Indonesia misalnya ada Smadav, PCMav, dan lain-lain. Sedangkan antivirus luar banyak contohnya, ada Norton, Mc Afee, Avast, AVG Free, Avira, Eset, Comodo, dan lain-lain.

2. Penghapus Sampah (Cleaner)

Aplikasi penghapus sampah bisa juga disebut aplikasi peningkat performa PC/Laptop. Fungsinya membersihkan sisa-sisa sampah software atau aplikasi baik sampah offline maupun online. Sehingga bisa menghemat penyimpanan dan meningkatkan performa. Anda bisa menggunakan CCleaner, TuneUp, Baidu PC Faster, dll.

3. Pengarsip File

Aplikasi berguna untuk meringkas atau mengkompres beberapa file agar menghemat penyimpanan. Bentuk filenya berupa ZIP, RAR, 7z, dll. Contoh software pengarsip file ini antara lain Winzip, Winrar, 7zip, dll.


4. Pembaca File PDF

Sebagai salah satu file dokumen yang unik, PDF hanya dapat dibuka dengan software tertentu saja. File PDF hanya dapat dibuka diantaranya dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader, Foxit Reader, dan sejenisnya.

5. Software Office

Software office dikenal sebagai aplikasi kantoran. Sekalipun PC/Laptop Anda bukan digunakan untuk orang kantoran pun, Anda pasti membutuhkan software iini karena kebutuhannya. Dengan software office Anda dapat mengerjakan pekerjaan pengetikkan tulisan/artikel, pengolahan tabel dan angka, membuat presentasi, database, dll. Yang paling umum dikenal masyarakat adalah Microsoft Office, Open Office, WPS Office, dll.

6. Pemutar Audio/Lagu

Kini PC/Laptop sudah tidak asing sebagai perangkat multimedia yang dapat memutar/mengeluarkan suara. Salah satu kegunaannya adalah mendengarkan musik. Dengan perangkat soundcard yang sudah terpasang onboard, Anda dapat mendengarkan lagu dengan software pemutar audio, diantaranya ada Winamp, AIMP, Jetaudio, Real Media Player, Quicktime, dll. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendengarkan radio streaming.

7. Pemutar Video/Film

Selain memutar lagu PC/laptop juga dapat memutar film. Fasilitas ini agaknya membuat pamor CD Player menjadi turun karena orang cenderung memilih menggunakan PC/Laptop untuk melihat/memutar film. Windows memang sudah menyertakan software bawaan seperti Windows Media Player. Namun seiring bertambahnya codec video, maka orang cenderung memilih player dengan codec terlengkap, diantaranya VLC Media Player, KMP Player, GOM Player, K-Lite Mega Pack, dll. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memutar audio.


8. Browser Internet

Bagi yang memiliki koneksi internet dan ingin menjelajah dunia maya, maka wajib menginstall Browser internet. Ada beberapa aplikasi browser internet diantaranya Internet Explorer, Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Netscape, Vivaldi, dll.

9. Software Mempercepat Download

Sebagai penunjang dalam aktivitas browsing Anda yang tak lepas dengan aktivitas downlaod, maka alangkah baiknya Anda menginstall software pemercepat dan pengelola download. Anda dapat menginstall Internet Download Manager, Free Download Manager, ataupun DAP (Download Accelerator Plus).

10. Software Burning Data

PC/Laptop Anda tentu dilengkapi dengan DVD-RW atau bahkan BlueRay. Selain berfungsi untuk membaca data dari keping CD/DVD/BlueRay Disc, Anda dapat menyimpan data Anda pada kepingan CD/DVD yang akrab dengan istilah Burning Data. Ada software yang bisa Anda gunakan yakni, Nero, Ashampoo, dll.

Itulah aplikasi Windows yang minimal wajib Anda install pada PC/Laptop Anda. Jika Anda menekuni suatu bidang maka Anda dapat menginstall beberapa software tambahan lainnnya sesuai bidang Anda. Misalnya bidang desain grafis, editing multimedia, gamer, arsitek, programmer, akuntan, staf pengajar atau pendidik, dan lain-lain. Masing-masing bidang tersebut tidaklah sama software yang perlu diinstall.

Alangkah baiknya sesudah menginstall Windows, Anda segera menonaktifkan autorun pada Windows guna mencegah peredaran virus melalui removable media. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »