Kendala pada Radio Streaming dan Solusinya

Catatan Ikrom June 26, 2016
Tak ada gading yang tak retak. Begitupun dalam usaha kita menayangkan atau membuat radio streaming. Kadang ada saja kendala yang muncul ketika kita menayangkan radio streaming. Penting bagi kita mengetahui kendala pada radio streaming yang muncul, sehingga kita mudah menemukan solusi untuk membenahinya.

Cara termudah untuk mengetahui kendala yang muncul pada radio streaming yakni dengan menge-cek alur streaming secara terbalik. Dimulai dari problem penerimaan streaming pada pendengar terkait sarana prasarana yang digunakan. Kemudian koneksi internet pengguna, kondisi server radio streaming, koneksi internet penayang streaming, pengaturan konfigurasi radio streaming, dan permasalahan input audio untuk radio streaming.

Berikut beberapa kendala yang muncul pada pembuatan radio streaming, antara lain:

Catatan Ikrom Kendala pada Radio Streaming dan Solusinya


1) Kendala pada Penerima Streaming

Pastikan bahwa pendengar/penerima streaming telah mengakses url link radio streaming Anda dengan benar. Beda IP Address, beda Port, bahkan beda mountpoint pun meski satu huruf bisa berdampak radio streaming Anda tidak terdengar. Jelas saja, beda saluran tentu beda penerimaan streaming.

Selain itu, pastikan koneksi internet pendengar radio streaming cukup kencang. Umumnya koneksi internet yang dibutuhkan untuk radio streaming adalah 3G. Pastikan pula kuota internet masih banyak dan dalam masa aktif. Lebih aman lagi bila mendapatkan koneksi Wifi yang kencang.

2) Kendala pada Server Radio Streaming

Hal umum yang sering terjadi pada server radio streaming adalah kondisi uptime/aktifnya server radio streaming. Pastikan server radio streaming Anda sedang aktif, caranya ketikkan di url address browser internet Anda url link radio streaming dengan format http://ip-address:port.

Yang membuat server radio streaming tidak aktif biasanya adalah maintenance server, maka kita perlu tahu update info jadwal maintenance server. Fungsi dari maintenance server ini sendiri untuk melakukan perawatan dan perbaikan server radio streaming Anda agar lebih baik.

Jika radio streaming Anda dilengkapi dengan control panel seperti Centova Cast misalnya, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan server radio streaming sendiri, maka pastikan radio streaming Anda aktif. Pada akun radio streaming gratis, server tidak aktif inilah yang menjadi kendala karena Anda harus mengaktifkan server radio streaming manual sebelum menayangkan radio streaming. Maka saya sangat tidak menyarankan untuk menggunakan akun radio streaming gratisan.

Hal lain yang membuat akun radio streaming Anda tidak aktif adalah belum dibayarnya akun radio streaming Anda ketika jatuh tempo. Bila akun radio streaming Anda belum dilunasi setiap periodenya, maka server radio streaming Anda akan ditangguhkan (suspend) sehingga tidak dapat digunakan sampai pembayaran tagihan dilunasi.

3) Pengaturan Setting Akun Radio Streaming

Dalam menayangkan atau membuat radio streaming, tentu kita harus memasukkan info akun dan detil radio streaming kita termasuk password, IP Address, Port, mountpoint serta encoder. Pastikan Anda memasukkan input akun radio streaming Anda dengan benar dan tidak keliru satu huruf pun. Umumnya jika pada tahap ini salah, maka Anda tidak bisa menghubungkan/menayangkan radio streaming.

Pemilihan encoder streaming pun disarankan pada setting terkecil yakni 32 kbps, mono/stereo, 22050 Hz sehingga pendengar streaming mudah mengaksesnya dengan koneksi internet yang standar. Jangan memilih encoder dengan bitrate besar karena dikhawatirkan radio streaming Anda tidak terdengar lancar akibat buffering.

4) Koneksi Internet Penyedia Streaming

Anda sebagai penayang atau penyedia streaming pun wajib memastikan koneksi internet Anda baik, kencang, dan lancar. Hal ini dikarenakan Anda sebagai penyedia konten streaming wajib menyediakan tayangan yang baik dan lancar, jangan sampai tayangan streaming Anda terputus. Jika tayangan streaming Anda terputus maka pendengar pun akan merasa tidak nyaman pula. Koneksi internet yang dibutuhkan pun tidak berbeda jauh dengan yang telah saya paparkan sebelumnya.

5) Pengaturan Input Audio untuk Streaming

Jika Anda menayangkan radio streaming dengan memutar playlist audio pastikan file yang Anda putar diatur dengan Repeat agar tidak berhenti ketika playlist habis. Pastikan audio untuk streaming berjalan dengan melihat indikator volume.

Permasalahan ada tahap ini akan lebih terlihat bagi yang menayangkan live radio streaming. Umumnya menggunakan input audio dari output audio mixer atau input microphone. Jika Anda tidak memastikan bahwa audio telah benar-benar masuk ke input PC/Laptop Anda maka radio streaming tidak akan menayangkan suara apapun.

Aturlah input audio dari luar tersebut sebaik mungkin dengan memastikan input soundcard audio yang digunakan telah berjalan baik. Termasuk di dalamnya Anda telah menginstall drier soundcard audio di PC/Laptop Anda serta mengatur volume input audio untuk streaming Anda dengan benar. Cek indikator volume untuk memastikan bahwa audio telah masuk ke input PC/Laptop Anda.


Itulah beberapa kendala yang muncul pada radio streaming dan solusinya yang berhasil Catatan Ikrom himpun untuk Anda. Jika kebutuhan membuat radio streaming telah Anda lengkapi dan Anda juga telah memerhatikan setiap detil saran ini, insya Allah radio streaming Anda dapat berjalan dengan baik tanpa kendala. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »