Cara Mendengarkan Radio Streaming di Android

Catatan Ikrom June 14, 2016
Bismillah, alternatif lainnya mendengarkan radio streaming yaitu menggunakan gagdet Android. Sebelumnya saya telah menulis artikel terkait cara mendengarkan radio streaming di Blackberry. Android merupakan salah satu OS gadget yang banyak digunakan saat ini selain Blackberry, Windows Phone, dan iPhone. Diantara keunggulan yang dimiliki Android antara lain, banyak aplikasi gratis yang bisa Anda install via Playstore termasuk aplikasi untuk mendengarkan streaming.

Berikut ini beberapa cara mendengarkan radio streaming di Android, diantaranya:

Catatan Ikrom Cara Mendengarkan Radio Streaming di Android

1. AIMP Android

Anda dapat menginstall AIMP di Android melalui Playstore. Dengan AIMP Android, Anda dapat mendengarkan radio streaming Anda. Untuk mendengarkan radio streaming, cukup masukkan url radio streaming atau dengan memainkan file playlist radio streaming. Misalnya,
- Url link streaming shoutcast http://ip-address:port
- Url link streaing icecast http://ip-address:pot/mountpoint
Sedangkan file playlist radio streaming yakni:
- file playlist streaming shoutcast http://ip-address:port/listen.pls
- file playlist streaming icecast http://ip-address:port/mountpoint.m3u

2. VLC Android

Sama halnya dengan AIMP Android, Anda dapat mendengarkan radio streaming dengan VLC Media Player for Android. Anda dapat mendownloadnya secara gratis di Playstore. Untuk mendengarkan radio streaming, cukup masukkan url radio streaming pada menu "Stream". Selain itu dapat dilakukan dengan memainkan file playlist radio streaming. Misalnya,
- Url link streaming shoutcast http://ip-address:port
- Url link streaing icecast http://ip-address:pot/mountpoint
Sedangkan file playlist radio streaming yakni:
- file playlist streaming shoutcast http://ip-address:port/listen.pls
- file playlist streaming icecast http://ip-address:port/mountpoint.m3u
Cara ini cukup praktis dibandingkan dengan menggunakan AIMP, namun Anda harus tau dan hafal url link radio streaming Anda.

3. Via TuneIn App

Di Android Playstore, Anda bisa mendapatkan TuneIn App secara gratis. Setelah menginstallnya, jalankan TuneIn App kemudian gunakan kotak pencarian untuk mencari station radio streaming Anda. Pilih station Anda untuk mendengarkan radio streaming. Perlu diingat bahwa Anda harus mendaftarkan radio streaming Anda ke TuneIn terlebih dahulu. Jika tidak, maka station radio streaming Anda tidak muncul dalam pencarian TuneIn.

4. Via Erdioo App

Erdioo App merupakan produk karya putra Indonesia. Tak hanya untuk Blackberry tapi juga Android. Erdioo App dapat digunakan untuk mendengarkan radio streaming di Android. Dengan menginstallnya melalui Playstore, Anda dapat menjalankan Erdioo App kemudian mencari station streaming Anda di kotak pencarian. Sebelumnya Anda harus mendaftarkan radio streaming Anda ke Erdioo agar station Anda muncul di pencarian Erdioo.

5. Via Nobex Radio App

Sejenis dengan TuneIn, Nobex Radio App merupakan produk pemutar Radio Streaming produksi luar negeri. Nobex Radio App ini bisa didapatkan secara gratis. Anda bisa menginstallnya melalui Playstore Android. Setelah menginstallnya gunakan kotak pencarian untuk mencari radio streaming Anda. Sama halnya dengan TuneIn, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan Radio Streaming Anda ke Nobex Radio.

6. Aplikasi Android Radio Streaming

Cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mendengarkan radio streaming di Android adalah menggunakan Aplikasi Android Radio Streaming sendiri. Maksudnya, Anda bisa membuat atau menggunakan jasa pembuatan aplikasi Android untuk membuatkan Aplikasi Android Radio Streaming khusus bagi Radio Streaming Anda. Dengan harga yang tak mahal, Anda akan mendapatkan Aplikasi Android Radio Streaming Anda secara khusus. Anda pun dapat mendistribusikannya pada Playstore. Biasanya penyedia jasa pembuatan Aplikasi Android Radio Streaming juga menyediakan layanan publikasi ke Playstore miliknya. Dengan demikian Aplikasi Android Radio Streaming Anda dapat diunduh oleh semua orang di Playstore. Dan untuk mendengarkan radio streamingnya pun sangatlah mudah, tinggal tekan tombol Play saja.

Itulah beberapa cara mendengarkan radio streaming di Android yang telah saya sajikan di Catatan Ikrom. Cara ini adalah cara gratis yang bisa Anda lakukan dalam mendengarkan radio streaming di Android. Untuk cara nomor 3 sampai 5, Anda harus mendaftarkan radio streaming Anda terlebih dahulu. Tentunya semua ini membutuhkan koneksi internet pada gadget Android Anda. Demikian selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Catatan Ikrom
AUTHOR
March 9, 2017 at 4:20 PM delete

Semoga Bermanfaat...:-bd

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
April 20, 2022 at 8:53 AM delete

Cara Mendengarkan Radio Streaming Di Android - Catatan Ikrom >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Mendengarkan Radio Streaming Di Android - Catatan Ikrom >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Mendengarkan Radio Streaming Di Android - Catatan Ikrom >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK 14

Reply
avatar