Cara Mendaftarkan Radio Streaming ke TuneIn

Catatan Ikrom June 28, 2016
It's about how to add/submit your radio streaming to tunein. Bismillah, setelah Anda berhasil membuat radio streaming dan menayangkannya menggunakan embed player di website/blog, kini saatnya Radio Streaming Anda merambah dunia mobile/gadget. Salah satu cara agar Radio Streaming Anda semakin populer di kalangan pengguna gadget mobile adalah daftarkan radio streaming Anda ke Tunein.

Tunein merupakan salah satu layanan pemutar radio streaming dalam bentuk aplikasi mobile dan website streaming. Tunein sendiri memiliki jutaan database radio streaming di seluruh dunia yang didaftarkan ke website miliknya. Layanan paling populer dari tunein adalah aplikasi radio streamingnya yang dapat didownload secara gratis dari beragam platform gadget mobile/smartphone.

Aplikasi tunein tersedia gratis untuk smartphone iPhones, Android Phone, Windows Phone, dan Blackbery. Untuk tablet, aplikasi tunein juga mendukung iPad, Android Tablets, dan tersedia di Amazon Kindle. Tak hanya itu, aplikasi tunein kini juga merambah perangkat Smart TV dan perangkat terkoneksi dengat internet seperti Samsung Smart TV, Panasonic Viera TV, Roku, Sonos, dan Xbox One.

Catatan Ikrom Cara Mendaftarkan Radio Streaming ke TuneIn

Anda dapat memanfaatkan aplikasi tunein ini dengan menambahkan Radio Streaming Anda ke daftar database tunein, sehingga setiap orang yang mendownload aplikasi tunein dapat mencari dan mendengarkan radio streaming Anda dengan mudah. Caranya, cukup dengan mendaftarkan radio streaming Anda ke tunein.

Hal yang perlu Anda siapkan untuk mendaftarkan radio streaming ke tunein, yaitu:
  • Nama Radio Streaming
  • Email Anda (sebagai admin) dan Email Radio (Jika Radio Streaming berupa lembaga/perusahaan)
  • Website Radio Streaming
  • Url Radio Streaming Anda (untuk satu radio bisa menambahkan lebih dari satu url streaming, misalnya link untuk aac atau untuk mp3)
  • Tipe Radio Streaming (hanya radio online Internet Only atau Stasiun Radio AM/FM/TV)
  • Negara asal Radio Streaming Anda dan Bahasa yang digunakan
  • Format/Genre Radio
  • File Logo Radio Streaming Anda (ukuran maksimal 1200 x 1200 pixel)
  • Info tambahan lain seperti akun twitter, nomor telepon Radio, slogan, dan deskripsi radio Anda (tidak wajib)

Berikut langkah-langkah cara mendaftarkan radio streaming ke tunein.

1. Masuk atau Daftar (Sign in/Sign up) terlebih dahulu ke www.tunein.com dengan email yang akan digunakan untuk mengontrol station radio Anda di tunein, sebagai admin station. Jika sudah lanjut tahap berikutnya.
Catatan Ikrom Cara Mendaftarkan Radio Streaming ke Tunein tahap 1

2. Kunjungi atau klik http://tunein.com/broadcasters/ lalu pilih menu "Add a Station".
Catatan Ikrom Cara Mendaftarkan Radio Streaming ke Tunein tahap 2

3. Silahkan isi formulir data radio streaming Anda lengkap sesuai kebutuhan detil radio streaming tunein yang telah saya sebutkan sebelumnya.
Catatan Ikrom Cara Mendaftarkan Radio Streaming ke Tunein tahap 3

4. Jika sudah, jangan lupa centang I accept and agree to the Term & Conditions, lalu klik Sign Me Up.
Catatan Ikrom Cara Mendaftarkan Radio Streaming ke Tunein tahap 4


Selanjutnya adalah proses menunggu disetujui atau tidaknya streaming station anda. Tunein akan mereview dan mengirimkan konfirmasi melalui email maksimal 48 jam. Jika tidak ada konfirmasi melalui email dalam 48 jam maka Anda dapat mengontak tunein melalui email di broadcaster-support@tunein.com.

Ada persyaratan tambahan dari tunein setelah mendaftar, yaitu pastikan radio streaming Anda aktif selama masa review oleh tunein sampai station radio streaming Anda muncul di pencarian tunein. Demikian tutorial singkat cara mendaftarkan radio streaming ke tunein.

Tampilan halaman web tunein terkait submit station radio streaming Anda dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan tunein. Minimal, langkah-langkah yang disajikan Catatan Ikrom ini dapat memandu Anda dalam mendaftarkan radio streaming Anda ke Tunein. Selamat berdoa, semoga radio streaming Anda sukses terdaftar di tunein.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »