Browsing Internet Hemat dengan Google Chrome

Catatan Ikrom June 20, 2016
Bismillah. Tak dipungkiri keberadaan browser Google Chrome memberikan banyak fasilitas dan kemudahan dalam berinternet. Semua fasilitas yang Anda dapatkan dalam browser Google Chrome bisa Anda dapat secara gratis tanpa bayar. Ya, tentu Anda hanya perlu berkorban dana untuk membeli paket kuota internet saja.

Saya sendiri telah mengulas kelebihan dan kemudahan Google Chrome yang gratis ini dalam artikel Catatan Ikrom di awal. Kali ini akan saya ulas salah satu kemudahan yang diberikan Chrome baru-baru ini. Fitur hemat kuota internet dengan browsing menggunakan Google Chrome. Bagaimana cara mendapatkan dan menggunakannya, sangat mudah.

Catatan Ikrom Browsing Internet Hemat dengan Google Chrome

Google Chrome mengeluarkan produk tambahan berupa add-ons atau ekstensi bagi Google Chrome guna menghemat kuota internet Anda. Sehingga ketika Anda browsing menggunakan Chrome, Anda dapat menghemat lebih kurang hingga 40% ketika browsing mengakses suatu halaman web.

Add-ons yang diberikan Google untuk efektivitas browsing di Chrome adalah Datasaver addons/ekstensi. Anda bisa mendapatkan ekstensi ini langsung di Google Chrome add-ons market secara gratis. Caranya, masuk ke menu Chrome Extensions, pilih Get More Extensions, kemudian ketikkan pada kotak pencarian "Data Saver" by Google, lalu klik Add to Chrome.

Catatan Ikrom Browsing Internet Hemat dengan Google Chrome Data Saver

Setelah berhasil menginstallnya maka aktifkan add-ons tersebut. Secara otomatis ketika berikutnya Anda melakukan browsing, Anda dapat menghemat kuota dalam membuka halaman hingga sekian persen seperti ditunjukkan pada statistik Datasaver.

Datasaver ini bekerja dengan cara mengalihkan semua request ke server milik google yang sangat canggih sehingga mengurangi waktu load website yang akan kita buka. Kecepatan load website dengan datasaver lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan datasaver.

Ada lagi kelebihan lainnya yang tidak banyak diekspos tentang datasaver, sebab bila diekspos khawatir disalahgunakan. Datasaver ini bila digabungkan dengan DNS Google pada perangkat PC/Laptop kita, maka ketika kita browsing dapat menembus blokir yang dilakukan oleh ISP. Saya sendiri tanpa sengaja mengetahui hal ini ketika mencoba membuka layanan vimeo, netflix, maupun iflix yang sedang ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu. Rumornya web tersebut diblokir oleh ISP atas rekomendasi kemenkominfo. Namun sewaktu menggunakan datasaver ternyata web tersebut dapat dibuka tanpa blokir, hanya saja waktu load website tersebut lebih lama/lambat daripada meload website lainnya.

Cara browsing internet hemat kuota dengan Google Chrome ini juga berlaku pada gadget mobile. Anda bisa aktifkan mode/menu "Data Saver" di google Chrome mobile Anda. Caranya, klik menu di Chrome mobile/smartphone, pilih Settings, pada pilihan Data Saver aktifkan ON. Demikian tips tutorial singkat browsing internet hemat dengan Google Chrome, semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »