Cara Mendapatan Akun Radio Streaming Berbayar

Catatan Ikrom June 01, 2016
Alternatif terbaik untuk mendapatkan akun radio streaming adalah dengan membayar/membeli/sewa. Alasannya, karena banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan, tak seperti pada akun radio streaming gratis.

Banyak penyedia layanan akun radio streaming berbayar di Indonesia. Mereka menawarkan paket radio streaming beragam, mulai harga murah hingga mahal. Perbedaan harga biasanya terkait jumlah pendengar maksimal radio streaming. Jenis streamingnya pun ada shoutcast juga icecast. Tersedia juga pilihan server Indonesia (IIX) atau USA.

Cara Mendapatan Akun Radio Streaming Berbayar

Periode pembayaran ada yang setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan tahunan. Cara pembayarannya cukup melalui transfer Rekening Bank. Selesai bayar, konfirmasi pembayaran, maka akun radio streaming Anda langsung aktif. beberapa penyedia jasa bahkan ada yang menawarkan trial streaming beberapa jam atau hari sebelum Anda yakin melakukan order. Istimewanya, dengan membeli/menyewa akun radio streaming berbayar, maka Anda akan mendapatkan kemudahan bantuan support teknis. Ini yang tidak ada di versi gratisan.

Saya akan paparkan langkah umum cara mendapatkan akun radio streaming berbayar, karena setiap penyedia jasa mungkin tidak sama tahapannya. Namun paling tidak langkah-langkah yang saya berikan ini memberikan ilustrasi tahapan pemesanan akun radio streaming berbayar.
  1. Kunjungi halaman web penyedia jasa akun radio streaming. (Ada klikstream.co.id, klikhost.com, vinhostmedia.com, broadcastindo.com, streamingmurah.com, dll)
  2. Jelajahi Menu atau Paket Layanan Streaming Radio atau Radio Streaming.
  3. Pilih paket Shoutcast atau Icecast streaming, biasanya juga disertakan lokasi server IIX atau USA. Pilih sesuai keinginan Anda. Pilih server IIX untuk menargetkan pendengar Indonesia, sedangkan USA untuk sasaran target pendengar dominan dari Luar Negeri.
  4. Pilih harga paket pilihan Anda, perbedaan umumnya pada jatah maksimal listener streaming. Klik "Order" atau "Add to Cart".
  5. Lanjutkan "Checkout" untuk menyelesaikan pemesanan. Jika ada penawaran lainnya, abaikan yang tidak perlu.
  6. Isikan detil Nama Radio Streaming, Alamat Web/Blog Streaming Anda, Server Streaming IIX atau USA, Pilihan Port (Jika Ada), kemudian Password streaming.
  7. Isikan detil data diri Anda sebagai pemesan, lengkap disertai alamat email Anda dan nomor hp untuk invoice dan pemberitahuan info dari penyedia layanan jasa.
  8. Pilih periode pembayaran, dan cara pembayaran (biasanya pilih rekening salah satu Bank), lalu kemudian proses Order.
  9. Anda akan mendapatkan Invoice Order, dan segera lakukan pembayaran melalui transfer bank atau lainnya.
  10. Konfirmasi Pembayaran order Anda melalui cara yang dianjurkan oleh penyedia jasa layanan streaming.
  11. Anda akan diberi informasi akun radio streaming Anda yang berisi "IP Address server, Port, Mountpoint (jika icecast), Password streaming", juga informasi detil login ke dashboard layanan jasa streaming yang berisi "email pendaftaran dan password login" melalui email Anda. Selesai.
Tahapan tersebut adalah tahapan secara global, untuk detil masing-masing penyedia layanan mungkin berbeda. Intinya pada IP Address, Port, Mountpoint, Password streaming. Selanjutnya, dengan berbekal akun radio streaming yang sudah Anda miliki dan beberapa kebutuhan streaming lainnya, mari bersiap untuk membuat radio streaming. Berikutnya kita akan belajar cara membuat radio streaming sederhana menggunakan winamp dan shoutcast ataupun radio streaming icecast. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »