Tips Sebelum Menginstall Windows

Catatan Ikrom June 22, 2016
Windows sering digunakan sebagai sistem operasi PC/Laptop. Berikut ini Catatan Ikrom akan hadirkan tips penting sebelum Anda menginstall Windows pada PC/Laptop. Tips ini berlaku bagi Anda yang ingin menginstall fresh ataupun install ulang Windows.

Catatan Ikrom Tips Sebelum Menginstall Windows

1. Backup Data Anda

Bagi yang ingin melakukan install ulang Windows maka sebaiknya backup data Anda terlebih dahulu. File data Anda yang terletak pada partisi system sebaiknya dipindah ke partisi lain agar tidak terformat saat install ulang. Sedangkan bagi yang install Windows fresh, maka siapkan data backup Anda untuk nantinya dapat Anda pindahkan ke partisi harddisk Anda setelah install Windows.

2. Siapkan PC/Laptop beserta Drivernya

Menginstall Windows tentu harus ada PC/Laptop. Pastikan bahwa PC Anda telah dirakit dengan baik, serta laptop dalam keadaan baik. Setiap membeli PC/Laptop, Anda pasti akan dibekali CD Driver. Gunanya untuk mendeteksi dan memfungsikan hardware yang ada pada PC/Laptop agar dapat berfungsi dan berjalan dengan baik. Pastikan ketika Anda membeli, PC/Laptop Anda sudah memenuhi persyaratan yang dianjurkan untuk menginstall Windows sesuai versi yang Anda pilih.


3. Menyiapkan Master OS Windows dan Memilih Versi

Siapkan Master OS Windows sesuai versi yang Anda inginkan. Versi Windows ada beragam. Yang familiar saat ini adalah Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan terbaru Windows 10. Anda dapat menyiapkan master Windows tersebut dalam bentuk CD/DVD ataupun USB Flashdisk. Siapkan juga aktivasi Windows agar Windows Anda nanti dapat digunakan selamanya. Pastikan pula PC/Laptop Anda telah memenuhi persyaratan yang dianjurkan untuk menginstall Windows sesuai versi yang Anda pilih.

4. Merencanakan Ukuran Partisi Harddisk

Mempertasi harddisk maksudnya adalah membagi harddisk menjadi beberapa bagian. Ini penting agar dapat memisahkan partisi yang digunakan untuk system Windows dengan partisi yang digunakan untuk menyimpan data Anda. Sehingga bila suatu saat ada masalah dengan Windows Anda maka yang diperbaiki hanya pada partisi system, sedangkan data Anda akan tetap aman. Anda dapat membagi harddisk menjadi 3 partisi. Pembagian ukurannya bisa disesuaikan dengan kapasitas harddisk Anda. Pastikan untuk partisi System mendapatkan kapasitas yang cukup banyak untuk menginstall Windows dan software lainnya.

5. Menyiapkan Master Software yang akan Diinstall

Setelah menginstall Windows nantinya pasti Anda menginstall beberapa software. Tidak mungkin PC/Laptop Anda kosong tanpa software lainnya. Setidaknya ada beberapa software seperti software Office, Antivirus, Browser internet, Pembaca file PDF, dan lain-lain. Anda tentu harus menyiapkan master software tersebut sebelum Anda menginstall Windows. Sehingga nanti setelah menginstall Windows, Anda dapat langsung melanjutkan menginstall software tersebut.

6. Koneksi Internet

Era saat ini tidak mungkin tidak membutuhkan internet, termasuk PC/Laptop. Anda membutuhkan internet antara lain untuk aktivasi WIndows online misalnya. Mendownload master software juga karena ada beberapa master installer software ternyata merupakan online installer, yaitu membutuhkan koneksi internet untuk menginstall software. Selain itu, Anda juga membutuhkan koneksi internet untuk memperbarui database antivirus Anda. Internet juga dapat bermanfaat bagi Anda untuk browsing atau mencari software lain yang ingin Anda install.

Itulah beberapa tips sebelum menginstall Windows pada PC/Laptop Anda yang dapat Catatan Ikrom hadirkan. Jika 6 tips tersebut sudah Anda lakukan dan siapkan, maka berikutnya Anda dapat melakukan instalasi Windows dengan nyaman. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »